Desainer Anna Mariana Konsisten Perjuangkan Hari Tenun dan Songket

romi
Desainer Anna Mariana Konsisten Perjuangkan Hari Tenun dan Songket
Anna Mariana & Bamsoet/ ist

Jakarta, HanTer – Sejauh ini obsesi  Anna Mariana untuk melahirkan adanya peringatan hari Tenun Nasional mendekati kenyataan. Hal ini terlihat  saat perancang tenun nusantara yang memiliki posisi sebagai  Pendiri,  Dewan Pakar  & Pembina di Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia  (KTTI) itu, bersama Tengku Ryo Rizqan (Ketua Umum KTTI) dan Ibu Musdalifah  (Dewan Pembina KTTI) melakukan audiensi dengan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) di  Gedung DPR Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Bamsoet sendiri  mendorong usulan peringatan Hari Batik Nasional  pada setiap 2 Oktober itu, ditingkatkan menjadi Hari Batik dan Tenun Nasional.  

"Setelah sukses memasyarakatkan batik, kita harus memberikan perhatian yang sama terhadap keberadaan tenun. Penggabungan Hari Batik dan Tenun Nasional akan membuka mata dunia tentang betapa kayanya budaya wastra khas Indonesia," kata Bamsoet. 

Anna Mariana  sebagai perancang dan pelopor pengembangan Tenun dan Songket  yang sudah lebih dari 10 tahun terakhir berjuang “mendekati” pemerintah dan meyakinkan betapa pentingnya  penetapan peringatan   hari  Tenun  dan Songket Nasional,  mengusulkan tanggal peringatan yang berbeda dengan hari Batik. 

“Agar  ketika peringatan Hari Batik, seluruh Indonesia mengenakan batik, dan di tanggal lain akan mengenakan tenun. Biar  ini bisa menjadi ajang promosi berjalan,” kata isteri dari Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha, SH, MS, MSc ini.

Soal penetapan tanggal ini, baik Bambang Soesatyo maupun Anna  Mariana masih akan membicarakan lagi langsung dengan Presiden Jokowi. Keduanya memiliki ageda pertemuan yang sama dengan jadwal yang berbeda . “Minggu depan saya akan bertemu   Pak Jokowi khusus membicarakan tentang ini,” ungkap  DR. Hj. Anna Mariana, SH, MH, MBA. 

Anna merasa sangat bersyukur, jika impian lamanya yang berkembang menjadi obsesi itu bisa terwujud. “Karena jika pemerintah abai, bisa jadi suatu saat negara lain yang mengklaim kain tenun dan songket sebagai budaya mereka,” tambahnya.

#Anna   #Mariana   #Perjuangkan   #Hari   #Tenun   #Songket