Eksotisme Danau Toba Bakal Diboyong ke CFD Jakarta

Hermansyah
Eksotisme Danau Toba Bakal Diboyong ke CFD Jakarta
Eksplore Danau Toba

Jakarta, HanTer - Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (4/11) mendatang digaransi semakin meriah. Sebab, program Festival Wisata Danau Toba akan rilis di sana. Semua unsur keeksotisannya akan diperlihatkan. Beragam keseruan yang bisa dinikmati seperti, showcase, hingga interactive games.
 
Program CFD Jakarta akan digelar Minggu (4/11), pukul 07.00 WIB. Venue-nya super strategis. Ada di Jl. MH Thamrin No.10, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Paket kemeriahan yang ditawarkan pun dikuatkan lagi melalui konsep WonderFit, Pesona Toba, dan CommuTalk.
 
Rangkaiannya agenda Festival Wisata Danau Toba di CFD Jakarta dimulai dengan Talk Show. Agenda ini akan digelar di 89,6FM iRadio Jakarta pada Kamis (1/11), pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Narasumbernya adalah Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata Don Kardono, Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib dan Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo. 
 
“Jakarta ini market yang sangat strategis dan penting bagi Danau Toba. CFD menjadi momentum ideal karena menjadi venue berkumpulnya massa dalam jumlah besar. Melakukan branding di CFD pasti akan lebih efektif. Ada beragam latar belakang yang menikmati suasana CFD ini,” ungkap Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib didampingi Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Senin (29/10).
 
Sebelumnya, Danau Toba juga sukses mengoptimalkan market Jakarta. Medianya melalui Table Top dan Direct Selling, 19-21 Oktober 2018. Program ini mampu menghasilkan inkam Rp11,25 Miliar. Rinciannya, program Table Top mampu menghasilkan inkam Rp10,15 Miliar. Untuk Direct Selling memiliki potensial transaksi Rp988,95 Juta plus aliran inkam langsung Rp113 Juta.
 
“Kami optimistis akan kembali mendulang kesuksesan di program CFD. Sebab, kontennya sangat padat dan unik. Semuanya menjadi representasi eksotis dan enerjiknya destinasi Danau Toba,” terang Hiram yang juga diamini Arie.
 
Festival Wisata Danau Toba di CFD Jakarta akan menyajikan show case berupa street festival. Nuansa Sumatera Utara dan Danau Toba akan dibangun di sini. Agenda pengisinya terdiri dari Festival Kuliner, Festival Seni dan Budaya, Mini Travel Fair, dan Interactive Games. Festival Kuliner akan menampilkan food-truck dan penyelenggaraannya bersamaan dengan aktivitas olahraga juga festival kesenian.
 
Program Mini Travel Fair ini pun akan menyajikan beragam paket wisata terbaik. Travelnya diantaranya Open Trip @wanderfultrip. Untuk seni dan kerajinan tangan disajikan oleh Craft @awanethniccraft. Spot ini akan terhubung langsung dengan panggung utama yang menyajikan parade seni budaya, fashion show, dan talkshow.
 
Untuk parade seni budaya akan menyajikan Tari Embas Tandok, Tari Marpangir, hingga Tari Baluse atau Tari Perang. Dirilis juga aksi Lompat Batu. Aktivitas lainnya, diantaranya Fun Zumba. Kegiatan Zumba akan dipandu oleh instruktur Farach Hanifa. Ada juga Flashmob Tari Tao Toba Nauli. “Kekayaan seni budaya Sumatera Utara akan ditampilkan. Festival ini juga akan dibuat lebih interaktif,” ujar Hiram lagi.
 
Selain kegembiraan, inspirasi juga ditiupkan Festival Wisata Danau Toba di CFD Jakarta. Programnya adalah CommuTalk. Agenda ini berupa talkshow atau demo show bersama komunitas dan influencer. Saat ini sedikitnya ada 15 nama yang siap bergabung. Beberapa diantaranya, Indorunner, Backpacker Indonesia, Kompasiana, Historia, Kulinervidgram, hingga Hits Pemuda Batak.
 
Untuk influencer juga memiliki beberapa nama beken yang disiapkan. Mereka adalah Febrian yang jadi seorang Traveler juga Lumix brand Ambassador. Ada juga Kenny yang menjadi TravelBlogger dengan background Indonesia dan internasional destination. Nama lainnya adalah Aktor Raymon Y Tunka yang juga seorang Outdoor Adventure Enthusiast.
 
“Upaya percepatan pertumbuhan destinasi wisata Danau Toba akan teus dilakukan. Kami tetap fokus di Jakarta. Potensi di Jakarta menjanjikan dan kini yang dipilih adalah CFD. Kami optimistis akan ada value besar yang bisa didapat dari event di CFD ini,” tambah Arie. 
 
Memberikan experience terbaik, aktivitas transaksi Festival Wisata Danau Toba di CFD Jakarta pun akan dibuat unik. Transaksi pembayaran menggunakan token. Bila token memiliki sisa transaksi nantinya bisa ditukarkan kembali. Tokennya berupa kayu dengan diameter 4 cm dan tebal 3mm. Pecahan nilainya ada Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000.
 
“Kreativitas besar terus diperlihatkan Danau Toba. Dengan aktif seperti itu, slot kunjungan wisatawan ke Danau Toba akan terus membesar. Secara ekonomi tentu sangat menguntungkan. Apalagi, atraksi, aksesibilitas, dan amenitas di sana adalah yang terbaik. Jadi pastikan Anda berada di event ini lalu datang langsung ke Danau Toba,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.

#Eksotisme   #DanauToba   #CFD   #Jakarta   #