Pernah Jadi Buruh Pabrik, Kini Asep Mulyana Miliki 5 Gerai Barbershop

Safari/Rom
Pernah Jadi Buruh Pabrik, Kini Asep Mulyana Miliki 5 Gerai Barbershop
Asep Mulyana DHC (duduk ditengah), Barber dan Owner Mr. Big Barbershop, Kota Tangerang/ist

Jakarta, HanTer - Menjadi seorang barber atau pencukur rambut awalnya bukan menjadi cita-cita Asep Mulyana (44). Ayah 2 orang anak (1 putra duduk di bangku SMA dan 1 putri berusia 3 tahun) awalnya bekerja di pabrik yang lokasinya sekitar Kalideres, Jakarta Barat. Asep adalah perantau dari Cianjur, Jawa Barat ke Jakarta tahun 1995.

"Tahun 2020 saya kerja di pabrik yang lokasinya sekitar Kalideres. Karena mayoritas pria, saya melayani cukur rambut para pekerja lainnya meskipun cuma dibayar seikhlasnya," kata Asep mengawali pembicaraan dengan Harian Terbit, awal Juli 2020 kemarin.

Karena tertarik dengan dunia tata rambut, tahun 1999 Asep belajar cukur rambut di  Cengkareng Indah, Jakarta Barat. Waktu itu Asep belum merasa bahwa profesi barber adalah pilihan hidupnya. Namun Asep terus mengasah kemampuan nyukurnya agar semakin mahir. Oleh karena itu Asep sesekali backup di gerai pangkas rambut temannya.

"Januari 2016 saya bertemu dengan seorang owner barbershop terkemuka di Jakarta. Owner barbershop itu menjadi inspirasi buat masa depan saya," tandas Asep yang juga pengurus dan anggota Komunitas Barber Tangerang (KOBATA).

Merasa tertarik dan yakin dengan profesi barber, Asep lalu memutuskan bergabung sebagai seorang barber di gerai tersebut. Sembari bekerja, Asep membuka cabang barbershop yang pertama dengan nama Mr. Big Barbershop. Usahanya berjalan lancar sehingga September 2019 Asep memutuskan resign dan fokus mengelola gerai Mr. Big Barbershop.

"Saat ini sesekali saya juga melayani DHC (Delivery Hair Cut), cukur rambut di rumah, apartemen atau kantor.  Alhamdulillah sekarang customer DHC saya sudah diatas 100 customer," ujarnya bangga.

Asep mengaku, mengasah kemampuannya mencukur rambut dari ketekunannya belajar melalui seminar  pengembangan skill barber dan barbershop, workshop, para mentor dan YouTube serta yang lainnya. Tidak heran Asep pun menamakan gerainya dengan Mr. Big Barbershop dengan filosofi agar usahanya terus bertumbuh menjadi besar.

"Saat ini crew di Mr. Big Barbershop  ada 9 barber. Alhamdulillah berkat dukungan crew Mr. Big Barbershop dan do'a Istri, orang tua dan keluarga sekarang sudah ada 5 gerai. Rencana di tahun 2020 bisa mendirikan 20 lagi dan juga mengembangkan layanan Delivery Hair Cut," ungkapnya.

Sebagai motivasi hidup, Asep mengagumi mantan Presiden RI 3, BJ Habibie. Apalagi banyak pesan yang disampaikan BJ Habibie agar hidupnya sukses. "Saya mengagumi almarhum Bapak BJ. Habibie. Ada kata - kata BJ Habibie yang selalu saya ingat yakni, "Jangan pernah berhenti mengejar apa yang kamu impikan meski itu tidak ada di depan mata"," papar Asep yang dari usahanya mencukur rambut saat ini telah memiliki rumah dan sebidang tanah di sekitar Sepatan, Tangerang. (Safari)

 

#Asep   #Mulyana   #Buruh   #Pabrik   #Barbershop