Candi Borobudur, Candi Terbesar dan Fenomenal Di Dunia

Lintang
Candi Borobudur, Candi Terbesar dan Fenomenal Di Dunia
Borobudur - istimewa

Bagi kamu yang suka sejarah, jangan lupa untuk mampir ke salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Ya, tempat tersebut adalah Candi Borobudur yang merupakan salah satu tempat bersejarah sekaligus menjadi candi terbesar di Indonesia. Bahkan candi peninggalan Budha ini pernah masuk dalam  tujuh keajaiban dunia.

Tempat wisata di Magelang ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagaimana tidak, karena candi yang satu ini merupakan candi buddha terbesar di dunia. Selain itu, tempat ini juga masih sering digunakan untuk beribadah pada umat Buddha yang ada di seluruh dunia.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang ini pertama kali di bangun pada masa ajaran Buddha Mahayana, yaitu sekitar tahun 800 an masehi. Tidak hanya menjadi candi paling besar di dunia, bahkan candi yang berada di Magelang ini juga menjadi salah satu Candi Buddha yang paling tua. Mengapa? Karena sudah di bangun jauh sebelum berdirinya Candi Angkor Wat di Kamboja.

Candi Buddha ini memiliki enam teras yang memiliki bentuk seperti bujur sangkar dan terdapat sekitar tiga pelataran di atasnya. Selain itu, terdapat 2.672 panel relief yang menghiasi dinding dan ada sekitar 504 arca Buddha di dalamnya. Sehingga, Borobudur saat ini menjadi candi dengan koleksi relief Buddha paling banyak dan paling lengkap di dunia.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di Kecamatan Borobudur. Dari pusat Kota Magelang, candi ini berjarak sekitar 3 km dan 40 km dari Yogyakarta. Lokasi tempat wisata bersejarah ini juga sangat mudah untuk dijangkau. Akses menuju Candi Borobudur ini juga sangat mudah, kamu bisa kesini menggunakan kendaraan bermotor, mobil, dan juga bus.

Fasilitas di Candi Borobudur

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di salah satu destinasi wisata bersejarah di Indonesia ini. Berikut merupakan fasilitas yang tersedia:

  • Toilet Umum
  • Masjid
  • Warung Makan
  • Area Parkir
  • Toko Oleh-Oleh
  • Jasa Foto

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Berikut ini adalah harga tiket masuk yang perlu kamu ketahui. Tiket untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki harga yang berbeda.

Keterangan

Harga

Tiket Masuk untuk Anak-Anak

Rp 20.000

Tiket Masuk untuk Orang Dewasa

Rp 40.000

Toilet dan Kamar Mandi

Rp 2000 - Rp 5.000

Jam Buka Kawasan Pariwisata Borobudur

Candi ini buka setiap hari pada pukul 06:00 WIB – 18:00 WIB. Jadi, kamu bisa datang kesini kapan saja sesuai dengan keinginan. Di atas candi ini juga terdapat beberapa spot foto yang super keren dan cocok bagi kamu yang suka sekali berfoto dengan matahari terbenam.

Kamu juga bisa bersantai sejenak di candi sambil menikmati langit senja yang disertai dengan udara sejuk area Borobudur. Akan tetapi, disarankan kepada para pengunjung wisata Candi Borobudur untuk datang di saat pagi hari dan juga sore hari. Mengapa? Karena jika kamu datang pada siang hari, tentu cuaca akan sangat terik dan akan membuatmu cepat lelah.

Maka dari itu, jika kamu datang di saat pagi hari sebelum jam 9 siang tentu cuaca tidak terlalu terik, sehingga kamu akan nyaman untuk mengeksplor Candi ini. Akan sangat cocok jika misalkan kamu berkunjung ke tempat wisata bersejarah ini di waktu sore hari untuk menikmati panorama alam yang eksotis.

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang salah satu tempat wisata di Indonesia, yaitu Candi Borobudur yang menjadi candi terbesar dan fenomenal di dunia. Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa paham tentang apa yang ada di destinasi ini. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai referensi liburanmu nanti.