Festival Bunga dan Buah Nusantara 2019 Hadirkan Expo Agro Inovasi IPB& Expo Kopi Nusantara

romi
Festival Bunga dan Buah Nusantara 2019 Hadirkan Expo Agro Inovasi IPB& Expo Kopi Nusantara
IPB gelar Festival BUnga & BUah NUsantara 2019/ ist

Bogor, HanTer –Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar acara Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2019.

Mengambil temaPesona Bunga dan Buah Nusantara, acara tersebut rencana digelar mulai 29 November hingga 1 Desember 2019 di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Jawa Barat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Pemerintah Kabupaten Bogor, Ir. Siti Nurianty, MM mengatakan FBBN tahun 2019 memberikan informasi visual mengenai potensi pengembangan bunga dan buah nusantara. 

“Berbagai keunikan bunga dan buah nusantara hadir di festival ini, selain itu IPB juga akan memperkenalkan berbagai inovasi terbaru dalam bidang pertanian. Ratusan pelaku industri bunga dan buah yang berasa dari berbagai elemen akan hadir dalam acara ini,” katanya, Senin (25/11/2019).

Dikatakan Nurianty, tujuan digelarnya FBBN ini, antara lain meningkatkan jumlah produsen dan eksportir bunga maupun buah, membangun kesadaran akan pentingnya menjaga standar kualitas produk, serta mempromosikan kekayaan bunga dan buah nusantara.

“Dengan memamerkan berbagai produk hortikultura yang berpotensi ekspor, tentu akan mendatangkan pembeli internasional dari berbagai negara. Beragam hasil pertanian lainnya yang dipamerkan juga akan dijual, jika pengunjung hendak membelinya,” terangnya.

FBBN merupakan agenda rutin, sejak pertama kali digelar tahun 2012. Pelaksanaan FBBN 2019 fokus pada upaya mempromosikan segenap potensi pertanian dan pariwisata secara luas yang bisa menjadi daya tarik wisatawan local maupun mancanegara. Selain itu, FBBN diharapkan dapat memperkenalkan industry ekonomi kreatif, budaya, dan kearifan lokal lainnya.

Selain talkshow Inovasi Kopi, karnaval mobil hias akan menghadirkan parade mobil yang berhias buah, bunga, dan tanaman hasil pertanian dari Kabupaten Bogor. Sedangkan lomba fashion show juga akan menghadirkan desain dan karya busana bernuansa bunga dan buah.

Lewat acara ini, pihaknya ingin memperkenalkan komoditas unggulan hortikultura di daerahnya. Diantaranya talas bogor, nanas mahkota, pisang raja bulu, papaya calina, manggis raya, jambu kristal, tanaman obat, melati, sedap malam, krisan, gladiol, dan mawar. 

#IPB   #Festival   #Buah   #Bunga