Rekomendasi Tempat Wisata Di Solo

Lintang
Rekomendasi Tempat Wisata Di Solo
Istimewa

Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata di masing-masing kotanya, seperti di Yogyakarta, Semarang, Magelang, Surakarta, dan masih banyak lagi. Tampaknya, tempat wisata yang paling populer dibandingkan yang lain berada di kota Yogyakarta. Namun, bukan berarti yang lain tidak menarik. salah satunya adalah tempat-tempat wisata di Surakarta atau Solo. Tempat wisata di Solo dijamin juga akan membuat Anda terpesona. 

Tempat wisata di Solo tergolong cukup lengkap mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan sejarah, sampai juga wisata kekinian atau yang sedang trend di kalangan masyarakat. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Solo yang harus Anda kunjungi, antara lain:

Keraton Surakarta Hadiningrat 
Keraton Surakarta Hadiningrat adalah tempat yang masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan yang dibangun sejak tahun 1744 dan menjadi simbol dari cikal bakal Kota Solo. Sehingga tempat ini termasuk salah satu destinasi terbaik untuk mempelajari sejarah dan budaya Kota Solo. Keraton Surakarta Hadiningrat terletak di Jalan Baluwarti Pasar Kliwon Surakarta. Keraton ini menyimpan banyak peninggalan artefak yang bersejarah seperti pusaka keraton, peninggalan kasunan, alat musik, dan masih banyak lagi. 

Museum Batik Danar Hadi 
Siapa yang tidak tahu dengan keistimewaan kualitas dari Batik Solo. Oleh karena terkenalnya batik Solo, terbentuklah museum khusus batik bernama Museum Batik Danar Hadi. Tepatnya terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 261. Museum batik ini mempunyai koleksi batik dengan berbagai macam koleksi hingga lebih dari 10.000 koleksi. Sehingga menjadikan museum ini mendapatkan penghargaan rekor dunia Indonesia sebagai museum koleksi batik terbanyak. Hal unik lainnya adalah terdapat pabrik batik yang dibuka untuk para pengunjung atau wisatawan yang ingin melihat proses pembuatan batik tulis dan batik cap.

Pasar Triwindu 
Pasar Triwindu menjadi tempat favorit para kolektor barang antik atau para fotografer. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1939 dan seperti tidak akan pernah lekang oleh waktu. Di Pasar Triwindu, Anda bisa mendapatkan barang-barang yang antik, unik, dan sangat menarik. Dijamin tidak akan rugi berkunjung ke Pasar Triwindu.

Agrowisata sondokoro 
Jika Anda ingin menikmati keindahan Kota Solo, Anda harus datang ke Jalan Mangkunegara yaitu Agrowisata Sondokoro. Banyak orang menyukai tempat ini dikarenakan suasana alam yang sejuk dan rindang. Selain itu Anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada seperti pijat refleksi, terapi ikan, kuliner lezat, berenang di kolam renang, dan mencoba flying fox. 

Taman Hiburan Rakyat  Sriwedari 
Biaya perjalanan liburan ke Solo termasuk sangat terjangkau, sehingga tidak sampai membuat kantong kering. Anda bisa menikmati hiburan yang murah meriah seperti Taman Hiburan Rakyat Sriwedari. Di dalam taman ini terdapat berbagai wahana yang dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti restoran dan kafe, mini waterpark, panggung hiburan, dan masih banyak lagi. 

Benteng Karet Tirtonadi 
Bentang yang baru diresmikan pada penghujung tahun 2019 ini diharapkan mampu menjadi ikon baru Kota Solo. Benteng ini bernama Benteng Karet Tirtonadi yang berada di Kawasan Bendungan Kota Solo. 

Benteng Vastenburg
Benteng Vastenburg adalah sebuah benteng peninggalan Kolonial Belanda yang berada di Kawasan Gladak. Benteng yang berdiri sejak tahun 1745 ini dibangun atas suruhan Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Pada awalnya, benteng ini berfungsi sebagai pusat kontrol pemerintah Surakarta. Namun saat ini benteng ini hanya menyisakan bekas bangunan dan puing-puing bangunan saja. Sehingga menjadikan benteng Vastenburg sebagai tempat yang menarik dijadikan latar berfoto.

Pandawa Water World 
Pandawa Water World berada di perbatasan Sukoharjo dan Surakarta. Kolam renang ini buka mulai pukul 7 pagi, sedangkan taman bermain baru buka pukul 12 siang untuk weekday dan 8 pagi untuk weekend. Pandawa Water World memiliki 27 wahana air yang sangat menarik. Salah satunya adalah sight tower, wave pool, action river, warm spa, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp80.000 per orang. Bahkan jika Anda datang pada tanggal ulang tahun Anda, maka Anda bisa masuk dengan gratis. 

#Solo   #Jateng   #Wisata