14 Selebritis Masuk Senayan, Artis Jadi Anggota DPR Hanya Pemanis Atau Mengkhianati Rakyat?

Safari
14 Selebritis Masuk Senayan, Artis Jadi Anggota DPR Hanya Pemanis Atau Mengkhianati Rakyat?

Jakarta, HanTer - Maraknya artis yang terjun ke politik membuat rakyat Indonesia bertanya-tanya. Ada yang berharap kemampuan mereka, namun, banyak pula yang meragukan kemampuan mereka bertarung dipanggung politik.

Tak heran, jika keberadaan mereka di Gedung Senayan sebagai anggota DPR dianggap sebagai pemanis saja, melihat penampilan mereka di layar kaca memang terlihat cantik dan tampan.  Namun sejumlah kalangan mengharapkan selebiritis mampu memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan sebaliknya mengkhianati rakyat yang memilihnya.

Periode 2019-2024 ada 14 selebriti akan menjalani status baru sebagai anggota DPR. Dari jumlah tersebut, sebanyak empat wajah baru, yakni Muhammad Farhan, Tommy Kurniawan, Krisdayanti (KD), dan Mulan Jameela. 

Juga ada Dessy Ratnasari, Nico Siahaan, Dede Yusuf, Rieke Diah Pitaloka, Nurul Arifin, Eko Patrio, Farhan, Arzeti Bilbina, Primus Yustisio, Rano Karno, Rachel Maryam, Tommy Kurniawan dan Mulan Jameela.

Pengamat politik Andrianto mengatakan, setiap warga negara berhak menjadi wakil rakyat, termasuk artis. Namun, keberadaan artis di parlemen harus mampu memperbaiki citra parlemen kita, memperjuangkan aspirasi rakyat yang memilih. 

“Bukan malah mengkhianati rakyat yang telah memilih. Karenanya artis di DPR harus bersikap kritis jika ada kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat,” ujar Andrianto kepada Harian Terbit, Jumat (4/10/2019).

Kompetensi

Kendati demikian, pengamat sosial politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal menegaskan, artis atau profesi apapun di negeri ini berhak menjadi anggota DPR. 

Harapan publik terpilihnya mereka bukan semata karena modal popularitas, tapi bekal kompetensi untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Kuncinya sejauh mana mereka mau mendengarkan aspirasi rakyat.

"Sekarang ini kita baru bisa berharap, dalam beberapa waktu yang akan datang nanti akan terlihat apakah para artis itu memiliki kapasitas atau tidak sebagai anggota DPR," papar Karnali kepada Harian Terbit, Jumat (4/10/2019).

Karnali memaparkan, tidak bisa digeneralisir anggota DPR dari artis hanya menjadi penggembira saja atau lebih banyak di dunia hiburan dibandingkan kerja di Senayan. Karena ada juga sejumlah nama anggota DPR dari artis yang memiliki kapasitas mumpuni untuk bersikap kritis di Senayan. Sebut saja misalnya almarhum Sophan Sopiaan yang komitmennya terhadap aspirasi rakyat sangat tinggi.

"Nah kita berharap para artis itu juga bisa mencontoh kiprah almarhum Sophan Sopiaan. Sama-sama berlatar belakang artis, seniman, tapi tetap punya kapasitas untuk memperjuangkan aspirasi rakyat," tandasnya.

Kapasitas

Karnali meyakini, para artis yang sekarang menjadi anggota DPR juga mempunyai kapasitas. Namun persoalannya kembali kepada anggota DPR dari artis tersebut apakah mereka mau  menggunakan kapasitasnya itu atau tidak. Diera kekinian, anggota DPR berlatar belakang artis seperti Rieke Diah Pitaloka juga mampu memerankan dirinya sebagai anggota DPR dengan baik. 

"Meskipun mungkin ada beberapa nama lainnya yang kiprahnya nyaris tak terdengar," jelasnya.

"Ketika mereka lolos verifikasi sebagai calon anggota DPR bahkan dipilih rakyat menjadi anggota DPR, latar belakang itu tidak  penting lagi. Yang terpenting para artis yang menjadi anggota DPR itu bisa membuktikan bahwa keraguan masyarakat terhadap kapasitas mereka tidak berdasar," tambahnya.

#Artis   #caleg   #dpr