Gandeng BRI dalam Sustainable Batik Day

Galeries Lafayette Pamerkan Koleksi Batik Kuno dan Lukisan Seniwati Wita Wilkes

Anugrah
Galeries Lafayette Pamerkan Koleksi Batik Kuno dan Lukisan Seniwati Wita Wilkes
Seniwati Wita Wilkes, yang merupakan seorang pelukis batik dan juga kolektor kain nusantara.

Jakarta, HanTer - Galeries Lafayette dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar pagelaran trunk show dengan titel Sustainable Batik Day untuk menyambut Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. Pagelaran trunk show dengan titel Sustainable Batik Day yang diadakan di lantai 1 Galeries Lafayette, Pacific Place, SCBD, pada Rabu, 25 September 2019.

Arnolda Ratnawati Sidarta, Marketing Direktur PT Panen Lestari Internusa mengatakan, Sustainable Batik sendiri merupakan upaya dan inovasi dari para pengrajin batik untuk melakukan proses membatik ramah lingkungan. Adanya kesadaran pengrajin untuk mengurangi sampah organik dan non-organik.

''Pengrajin  tidak membuang sisa-sisa hasil produksi. Namun diolah menjadi hal-hal lain seperti aksesoris, tas, tatakan gelas maupun hal lainnya,'' ujar Arnolda dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (2/10).  PT Panen Lestari Internusa (PLI) merupakan induk perusahaan dari grup department store PT Mitra Adi Perkasa Tbk. Beberapa gerai ritel yang saat ini dikelola oleh PLI adalah SOGO, Seibu, Galeries Lafayette, Alun-Alun Indonesia dan Kinokuniya. 

Sedangkan untuk pagelaran Sustainable Batik Day ini, katanya, Galeries Lafayette menggandeng brands batik ternama yaitu NES, Aruna, Galeri Batik Jawa, dan Jaga Wastra yang turut meluncurkan koleksi ragam busana yang di produksi secara sustainable. 

''NES mengeluarkan seri Batik Baik yang tidak hanya melalui tahap produksi dan menggunakan material dari bahan daur ulang dan ramah lingkungan seperti gunnysack, cardboard, plywood untuk membuat batik stamp dan proses pewarnaan natural,'' jelasnya.

Koleksi ini, kata Arnolda,  juga dikerjakan oleh para pengrajin lokal sehingga tidak hanya sustainable terhadap lingkungan hidup, namun juga terhadap masyarakat dan sumber daya manusia. Brands aksesori yang juga terkenal akan sustainability culture-nya, Ella & Glo dan Jinjit Pot.

“Sebagai pusat retail-tainment di Indonesia, kami selalu memberikan pengalaman berbelanja dan koleksi yang unik bagi para pecinta mode Indonesia. Banyak hal yang dapat di explore dari Batik, selain sebagai warisan budaya, batik juga berkembang menjadi suatu komoditas yang dicari dalam scene fashion modern,” ungkap Arnolda.

Masih dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, lanjutnya, Galeries Lafayette juga menggandeng seniwati Wita Wilkes, yang merupakan seorang pelukis batik dan juga kolektor kain nusantara. Wita akan memamerkan beragam koleksi batik kuno dan busana tradisional yang akan menghiasi windows Galeries Lafayette dibulan Oktober. 

Koleksi yang dipamerkan oleh Wita mengandung banyak arti dan makna dibalik sejarahnya. Dengan signature berupa soft tones dan goresan lembut dengan metode oil on canvas untuk lukisan dan resin untuk patung. Memiliki passion yang kuat untuk mengenalkan batik dan kisah dibaliknya, Wita mempersembahkan karya seni dengan persepektif yang unik. Karya Wita telah dipamerkan diberbagai tempat, baik secara nasional maupun internasional, dan dapat dinikmati oleh pengagum seni melalui windows Galeries Lafayette di bulan Oktober 2019.

“Seiring dengan perkembangan zaman, cara memproduksi batik juga dapat menggunakan metode zero waste sehingga berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan bumi. Untuk koleksi ini merupakan 100 persen karya pengerjin lokal, jadi dengan berbelanja koleksi ini, para pelanggan setia juga turut mendukung para pengrajin lokal untuk terus berkarya,” ujarnya.

Arnolda juga menambahkan, ditanggal 25 September 2019 ini, para pemegang Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI dan juga Fidelite mendapatkan discount 10% untuk transaksi koleksi selected brands yang berpartisipasi dalam trunk show Sustainable Batik Day. Di bulan September ini, terdapat program menarik yaitu discount hingga 30% untuk koleksi ladiewswear di Galeries Lafayette.

Galeries Lafayette, sebagai retail-tainment terkemuka di Indonesia, dengan bangga menghadirkan koleksi terbaru dari rumah mode kelas dunia dari ladies wear hingga menswear yang dapat ditemukan di lantai 1 dan 3. Selain itu, Galeries Lafayette menawarkan berbagai produk kosmetik dan kecantikan serta parfuman wewangian kamar dari merek-merek terkemuka. 

Pelanggan juga dapat menghabiskan waktu mereka menikmati makanan dan minuman terbaik dari Starbucks, Genki Sushi, Liberte serta Leaf Connoisseur. Untuk melengkapi penampilan, Gent Barbershop dilantai tiga akan memberikan perawatan grooming yang istimewa bagi para Pria. Koleksi Galeries Lafayette juga dapat ditemukan secara online di MAP Emall (https://www.mapemall.com/).

Galeries Lafayette akan selalu memberikan pengalaman berbelanja yang unik dengan rangkaian acara menarik yang akan selalu memanjakan pelanggannya. Dengan koleksi brands yang telah dikurasi, Galeries Lafayette berusaha untuk memberikan inspirasi gaya bagi para pecinta mode Jakarta.