5 Tips Paling Berkesan Traveling Singkat Bersama Anak di Akhir Pekan  

romi
5 Tips Paling Berkesan Traveling Singkat Bersama Anak di Akhir Pekan  
Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Terlalu sibuk bekerja terkadang membuat orang tua tidak memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan bersama keluarga. Sehingga, liburan singkat di akhir pekan sering dimanfaatkan sebagai solusi untuk menciptakan bonding terutama dengan si kecil.

Jangan sia-siakan berbagai penawaran menarik yang kini bisa dengan mudah ditemukan, seperti promo pesawat jakarta bali yang ditawarkan Traveloka. Dengan begitu, langkah awal kamu untuk membahagiakan keluarga lewat liburan pun bisa dimulai.

Lalu apa yang bisa dilakukan bersama keluarga agar liburan singkat terasa semakin berkesan, berikat lima tipsnya: 

1. Staycation

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah melakukan staycation di hotel yang memiliki suasana berbeda dengan lingkungan tempat tinggal. Saat ini, banyak hotel yang menawarkan kelebihan berupa desain interior menarik dengan tema beraneka ragam. Saat merencanakan staycation, kamu bisa mengajak si kecil untuk memilih hotel mana yang ia suka. Check-in di Jumat petang dan  pulang pada hari Minggu, lalu mulai packing dengan melibatkan si kecil agar ia semakin bersemangat dalam menyambut liburan singkat  ini. Begitu tiba di hotel, kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya bersama anak dan pasangan.

2. Nikmati makanan favorit

Esensi dari traveling adalah merasakan suasana baru sehingga tubuh, jiwa, dan pikiran terasa segar kembali. Untuk kamu yang tidak sempat pergi jauh ke luar kota, tidak apa-apa. Kamu bisa lakukan wisata kuliner dengan cara berburu makanan favorit si kecil ke pelosok kota atau daerah yang selama ini jarang dikunjungi. Manfaatkan berbagai aplikasi yang ada untuk mempermudah pencarian. Untuk perjalanan pergi dan pulang, kamu bisa memilih transportasi umum yang nyaman ditumpangi sehingga si kecil semakin merasakan serunya traveling di dalam kota.

3. Ajak ke museum dan perpustakaan

Ingin merasakan liburan yang lebih tenang, namun tetap memberi manfaat? Saatnya kamu mengajak keluarga termasuk si kecil untuk liburan sambil menjelajah museum, perpustakaan, atau sekaligus keduanya. Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kini semakin banyak museum yang ramah anak dengan fasilitas penunjang yang memadai. Ketertarikan si kecil terhadap seni juga bisa diasah lewat mengunjungi beberapa museum atau galeri tematik. Jika anak lebih menyukai kegiatan membaca, ajaklah untuk berkeliling kota menyambangi perpustakaan umum yang di dalamnya menyediakan koleksi khusus buku anak dan ilmu pengetahuan.

4. Me time sesuai hobi

Liburan singkat bersama anak akan terasa sangat menyenangkan jika diisi dengan kegiatan sesuai hobi yang ia minati. Sebelum merencanakan, perhatikan hal apa yang belakangan ini menjadi kesukaan si kecil. Jika si kecil senang dengan dunia memasak, lakukan reservasi les memasak untuk anak atau workshop kuliner seru yang melibatkan orang tua dan anak dalam kegiatannya. Kamu juga bisa mengajak si kecil ke acara atau pameran khusus yang sesuai minat seperti otomotif, pagelaran musik, atau seni dan drama panggung. Satu yang harus diingat, pastikan acara yang akan dikunjungi memang diperuntukkan dan cocok untuk dinikmati anak.

5. Camping di ruang terbuka

Menginap di hotel dengan menikmati segala fasilitasnya bersama si kecil memang menyenangkan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu menantang diri untuk mencicipi kegiatan berkemah alias camping! Tidak perlu pergi jauh ke pegunungan, kamu bisa mencari alternatif lewat camping ground khusus keluarga yang kini sudah banyak ditawarkan di sudut kota. Di sana, kamu bisa langsung merasakan suasana berbeda yang pastinya membuat si kecil antusias. Pengalaman tidur di dalam tenda tanpa listrik berlebih ataupun AC, mendengar suara serangga malam, serta menyalakan api unggun dan menikmati makanan di ruang terbuka pasti akan menjadi pengalaman seru bagi si kecil.

Hari libur yang singkat memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga termasuk si kecil.

 

#5   #Tips   #Traveling   #Singkat   #Anak