Malang, Kota Wisata dengan Julukan Paris of East Java

Lintang Zaman
Malang, Kota Wisata dengan Julukan Paris of East Java
istimewa

Pernah mendengar kota yang mendapat julukan Paris of East Java? Jika belum, kamu harus tau kalau Paris of East Java adalah sebutan untuk kota Malang. Julukan ini diberikan oleh kompeni-kompeni Belanda pada jaman dahulu.

Lalu kenapa Malang disebut sebagai Paris of East Java? Hal ini dikarenakan Malang memiliki hawa yang sejuk, serta keindahan alam yang amat memikat wisatawan, sama seperti halnya kota Paris di Perancis yang sangat menawan. Baik turis domestik maupun mancanegara pasti tidak akan bosan datang ke Malang indah.

Mau tahu lebih tentang Malang dan segala keindahan alamnya? Penasaran dengan tempat wisata di Malang yang recommended? Jangan kemana-mana dan baca pembahasan tentang Malang berikut ini.

Julukan Kota Malang

Selain Paris of East Java, Malang juga memiliki banyak julukan lain yang tak kalah menakjubkan. Berikut beberapa julukan untuk kota Malang.

  1. Malang Kota Dingin

Sebenarnya daerah Malang itu tidak terlalu dingin. Malang disebut Kota Dingin dikarenakan Malang termasuk dataran tinggi yang dikelilingi oleh Gunung Arjuno, Semeru, Kawi dan Kelud. Selain itu udara di Malang juga cukup membuat para wisatawan yang datang merasa kedinginan. Terlebih mereka yang datang di bulan Agustus dan September. Ini dikarenakan pada kedua bulan tersebut Malang berubah menjadi sangat dingin, lebih dingin dari bulan-bulan lainnya.

  1. Bumi Arema

Tidak perlu ditanyakan lagi kenapa Malang disebut Bumi Arema. Hal ini terlihat jelas, karena Malang merupakan kota dimana klub bola Arema lahir. Atribut dari lambang singa klub Arema juga seakan menyatu dan menjadi sebuah kesatuan dengan kota Malang.

  1. Ngalam Kipa

Apa sih itu ngalam kipa? Pasti kamu tidak paham itu bahasa mana. Ngalam kipa di ambil dari bahasa walikan. Sekarang coba baca perkatanya dari belakang. Pasti terbaca menjadi Malang Apik. Julukan ngalam kipa atau Malang apik ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Malang memiliki daerah yang bagus.

  1. Malang Kota Pendidikan

Malang disebut kota pendidikan karena banyaknya sekolah yang ada di Malang. Untuk universitas saja, di Malang terdapat 35 universitas baik swasta maupun negeri. Itu baru jumlah universitasnya, jadi kamu bisa bayangkan berapa jumlah sekolah dari SD, SMP dan SMA nya? pasti banyak, bukan?

  1. Malang Kota Bunga

Malang dijuluki sebagai kota bunga, karena katanya dulu warga Malang secara serempak ingin di setiap sudut yang ada di kota Malang ada tanaman bunganya. Sehingga sampai sekarang Malang masih sering disebut kota bunga. Walau tidak terlalu terkenal seperti julukan lainnya.

  1. Kota Wisata

Terakhir, kota Malang dijuluki sebagai kota wisata. Kalau ini sudah tidak mengherankan lagi karena ada banyak sekali tempat wisata di Malang yang sangat memorable alias tidak bisa dilupakan begitu saja. Segala tempat wisata hampir semua ada di Malang, mulai dari kebun teh, gunung, pantai dan taman pun ada di Malang.

Tempat Wisata di Malang

Karena banyaknya tempat wisata di Malang, terutama tempat wisatanya yang menarik. Di sini dibahas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Malang.

  1. Jatim Park

Jatim Park merupakan salah satu objek wisata populer yang menjadi ikon dari Jawa Timur. Kalian pasti sudah tahu kalau Jatim Park berada di kota Malang, tepatnya di daerah Batu. Jatim Park sendiri telah memiliki tiga cabang.

Jatim Park pertama ada di Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu. Untuk masuk ke Jatim Park 1 kamu harus membayar sekitar Rp. 100.000. Sedangkan untuk masuk Jatim Park 2 kamu harus membayar sekitar Rp. 120.000 dan Rp. 100.000 untuk masuk ke Jatim Park 3 Harga tersebut merupakan gambaran secara umum harga tiket Jatim Park. Ini dikarenakan banyak wahana wisata lain di dalam Jatim Park yang harus membayar tambahan ketika mau mencobanya. Jika ingin lebih detail lihat saja di aplikasi online, seperti traveloka. Siapa tahu kamu malah mendapat promosi dan bisa mendapatkan tiket lebih murah.

  1. Museum Angkut

Museum angkut merupakan sebuah museum transportasi yang berada di kawasan wisata kota Batu. Museum ini memiliki koleksi transportasi mencapai 300 jenis. Baik transportasi tradisional maupun modern. Museum ini buka setiap hari dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

  1. Batu Night Spectacular

Batu night spectacular atau yang sering disingkat menjadi BNS merupakan sebuah tempat wisata yang menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga dan hiburan menjadi satu. Seperti namanya BNS berada di kota Batu, Malang. Selain itu dari namanya pula bisa kita ketahui bahwa BNS hanya buka di malam hari.