Mahasiswa Administrasi Perkantoran UBSI Mengikuti Table Manner di Swiss-Belresidences Kalibata

safari
Mahasiswa Administrasi Perkantoran UBSI Mengikuti Table Manner di Swiss-Belresidences Kalibata
Mahasiswa Administrasi Perkantoran UBSI/ ist

Jakarta, HanTer - Universitas Bina Sarana  Informatika (UBSI) menggelar acara  Workshop Table Manner  di Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta, Rabu (19/6/2019). Workshop Table Manner merupakan salah satu kegiatan rutin mahasiswa semester 2  Prodi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi  UBSI.

Dosen Administrasi Perkantoran UBSI Idah Yuniasih, M.Pd mengatakan, dengan mengikuti workshop table manner maka diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mempraktekan tata cara makan yang baik dan benar. 

"Nantinya apabila diundang jamuan makan malam atau gala dinner mahasiswa sudah tidak kikuk dan sudah luwes dalam menggunakan alat makan sehingga mampu mempresentasikan diri dengan baik dan akan menambah rasa percaya diri pada saat jamuan makan. Seperti yang kita ketahui jamuan makan seringkali menjadi salah satu agenda yang dilakukan oleh Perusahaan maupun Instansi," terangnya.

Kegiatan workshop table manner yang difasilitasi oleh Eko Hartono selaku Food and Baverage Manager Swiss-Belresidences Kalibata ini,  dipaparkan mulai dari sejarah table manner yang bermula dari Raja Louis dari Perancis yang memiliki kebiasaan mengadakan jamuan dan mengundang para bangsawan kerajaan. 

Set Menu table manner pada era Raja Louis sebanyak 17 course yang disebut dengan Menu Klasik akan tetapi sekarang diadaptasi hanya 13 Course, 6 Course, 5 Course, maupun 4 Course. Untuk workshop kali ini menggunakan 4 Course yaitu Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert.

Set menu disesuaikan dengan acara dan waktu makan hal ini dikarenakan set menu yang semakin banyak akan mengakibatkan semakin lama dan panjang waktu makan. 

Pada workshop table manner ini diajarkan mulai dari awal mendapatkan undangan jamuan makan, bagaimana reservasi, bagaiman menjawab undangan jamuan makan, dress code untuk menghadiri jamuan makan, membedakan jenis-jenis jamuan makan, bagaimana sikap pada saat makan, bagaimana cara penggunaan alat makan serta bagaimana etika, ketika harus meninggalkan meja makan ketika ada urusan yang urgent seperti menelpon atau pergi ke toilet. 

Mahasiswa terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, mahasiswa banyak bertanya dan berdiskusi mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika jamuan makan.

Fasilitator kegiatan ini pun tak segan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa. Mahasiswa yang menjawab benar mendapatkan souvenir dari Fasilitator. Kegiatan table manner ini diakhiri dengan photo bersama di Taman Swiss-Belresidences Kalibata.