Anime NieR Automata Definisikan Ulang Killer AI Selamanya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:26 WIB
NieR: Automata  serial anime baru berdasarkan franchise video game populer. (Foto: Screen Rant)
NieR: Automata serial anime baru berdasarkan franchise video game populer. (Foto: Screen Rant)
HARIANTERBIT.com NieR Automata Ver1 1a adalah serial anime baru berdasarkan franchise video game populer, mengubah kiasan pasukan pembunuh A.I dengan versi aslinya.

Bertentangan dengan apa yang terjadi di latar Sci-Fi terkenal lainnya, seperti Terminator-nya James Cameron, robot-robot pembunuh di NieR Automata bukanlah ciptaan manusia yang memberontak, tetapi robot yang semula ditinggalkan alien usai menyerang.

NieR Automata merupakan videogame Square Enix dari tahun 2017 yang mendapat ulasan positif terkait cerita berlapis mereka, di samping tema yang mendalam.

Sementara para penggemar masih menunggu kabar tentang potensi bagian ketiga dalam waralaba tersebut, Aniplex telah hasilkan adaptasi anime NieR Automata yang memulai debutnya pada Januari 2023. Mereka juga mendapat ulasan yang sangat positif.
 
Baca Juga: Milan Dicukur Lazio, Ada Apa Rossoneri?

Protagonis dari cerita ini; 2B dan 9S, merupakan dua android dari pasukan elit militer YoRHa yang berperang tanpa henti melawan makhluk hidup mesin yang telah menyerang bumi, dan berusaha merebut kembali planet ini untuk umat manusia.

Episode 1 dan 2 dari NieR Automata Ver1 1a  memperlihatkan situasi yang mengerikan bagi manusia dan juga bumi. Pada tahun 5012 Masehi, makhluk hidup misterius yang dikenal sebagai alien telah memulai invasi mereka ke bumi.

Mereka menggunakan 'Bentuk Kehidupan Mesin' yang mereka ciptakan sebagai tentara. Setelah hampir musnah, beberapa manusia yang selamat melarikan diri ke bulan.
 
 
Mereka membuat pangkalan di bulan guna lakukan serangan balik di masa depan dan merebut kembali planet bumi ini, di antaranya dengan menggunakan android seperti 2B.

Sementara itu, bumi telah dikuasai mesin yang memiliki program 'menghancurkan musuh mereka' (manusia dan android), bahkan setelah ribuan tahun kemudian.

Mesin memiliki kemampuan alami untuk berevolusi dan mengembangkan cara yang lebih baik untuk berperang, serta menghasilkan varian baru dari diri mereka sendiri dan juga senjata baru.
 
Baca Juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2023, Bertabur Bintang Asia!

Mesin Pembunuh NieR: Automata Bukan Ciptaan Manusia

Meskipun android dan robot bukanlah hal baru bagi penggemar Sci-Fi, konsep umum di balik mesin pembunuh adalah mereka merupakan ciptaan manusia yang nakal.

Ini menjadi fitur utama dari literatur Sci-Fi awal, yang muncul dari ketakutan akan kemajuan ilmiah yang terlalu cepat dan relevan saat ini, bahwa kecepatan perkembangan teknologi semakin pesat.

Namun, diungkapkan Screen Rant, kisah dalam NieR: Automata menempatkan putaran orisinal di atasnya dan menunjukkan mesin pembunuhnya sebagai bukan produk manusia, tetapi berasal dari ras alien penyerbu.

Di sisi lain, manusia telah mengembangkan teknologi 'yang baik' dalam bentuk android, yang menjadi garis pertahanan terakhir planet ini.
 
Baca Juga: Pledoi Ferdy Sambo: Seolah Saya adalah Penjahat Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia

Jelas, ceritanya jauh lebih kompleks dari itu, android digunakan manusia sebagai umpan meriam, dipaksa bertarung dan mati dalam perang tanpa akhir.

Sementara kemampuan mesin untuk berevolusi memungkinkan mereka untuk mengembangkan perasaan dan bergerak melewati pemrograman destruktif mereka, seperti yang terlihat di Episode 2.

Secara keseluruhan, NieR: Automata mengambil kiasan paling klasik dari Sci-Fi tentang robot pembunuh dan AI, lalu mengagungkannya dengan putaran orisinal, yang menjadikan anime ini sebagai anime yang wajib ditonton di tahun 2023. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gugup Wawancara Kerja? Usir dengan Cara Mudah Ini

Rabu, 8 Februari 2023 | 07:19 WIB
X