Ganggu Tidur! Perut Nyeri dan BAB Tengah Malam, Ketahui Pemicunya

- Rabu, 7 Desember 2022 | 08:06 WIB
Ilustrasi. Nyeri perut dan BAB tengah malam sangat tak nyaman. Namun hal itu tak hanya terjadi karena pencernaan. (pixabay)
Ilustrasi. Nyeri perut dan BAB tengah malam sangat tak nyaman. Namun hal itu tak hanya terjadi karena pencernaan. (pixabay)
HARIANTERBIT.com— Pernah Anda merasakan sakit tidak tertolong disebabkan perut nyeri tengah malam? Atau buang air besar alias BAB tengah malam
 
Tidak banyak orang sadari bahwa salah satu alasan utama adalah persoalan pencernaan di dalam tubuh.
 
Walaupun kegiatan kamu sangat padat, juga penting untuk menjaga pola hidup sehat, lho. Urusan pencernaan tidak bisa dianggap enteng bahkan bisa mengakibatkan gejala lambung yang cukup serius.
 
Berikut ini beberapa rentetan pemicu banyak orang nyeri perut dan BAB tengah malam sehingga ganggu kualitas tidur, disebabkan oleh:
 
1. Gerd
Gerd terjadi oleh naiknya asam lambung yang diikuti cairan lambung kembali kearah kerongkongan.
 
2. Usus Luka
Terdapat titik luka atau gesekan luka pada lambung maupun dekat usus halus.
 
3. Stres dan Cemas
Kekhawatiran yang terus-menerus dan muncul dari pribadi diri sendiri. Terkadang cemas berlebihan menjadi pemicu kuat gangguan tidur.
 
4. Gangguan Empedu
Cholelithiasis atau batu empedu merupakan adanya kondisi yang memiliki ciri-ciri sakit perut mendadak.
 
5. Infeksi Pencernaan
Saat saluran pencernaan memiliki kondisi ketika lambung dan usus mengalami peradangan. Salah satu persoalan kesehatan ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, bahkan parasit.
 
Hal demikian perlu diskusi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih mendalam pada pemeriksaan keluhan tadi. 
 
Pemeriksaan diagnosa dapat ditentukan penyebabnya jika sudah melakukan, seperti USG, endoskopi, pemeriksaan darah. Kemudian, pengobatan dan perawatan dapat diberikan sesuai hasil pemeriksaan tersebut.
 
Tips Yang perlu Anda perhatikan adalah:
 
1. Hindari konsumsi makanan pedas,mie, bakso, kopi, soda, pecel, nasi goreng.
 
2. Memiliki jadwal makan dengan tepat.
 
3. Hindari stres dan cemas.
 
4. Hindari tidur larut malam.
 
Demikian info penting yang perlu Anda perhatikan dalam pola hidup sehat dan mengatasi masalah tidur karena ingin BAB malam hari. Semoga bermanfaat.***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

Kenali Ciri Warung Pesugihan, Begini Solusinya!

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:12 WIB
X