Bukan Hanya Membuat Lingkungan Lebih Asri, Berikut 4 Manfaat Lain dari Menanam Pohon

- Senin, 28 November 2022 | 14:14 WIB
Ilustrasi menanam pohon/freepik  (freepik.com)
Ilustrasi menanam pohon/freepik (freepik.com)

HARIANTERBIT.com – Setiap tanggal 28 November Indonesia merayakan hari menanam pohon nasional. Menanam pohon tidak hanya dapat membuat lingkungan kita menjadi lebih asri, akan tetapi ada manfaat lain dari menanam pohon yang bisa kita dapatkan.

Ada berbagai manfaat lain dari menanam pohon yang dapat kita rasakan baik dari segi kesehatan mental maupun secara sosial, yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Dikutip dari greatergood.berkeley.edu, ada beberapa manfaat lain dari menanam pohon selain membuat lingkungan menjadi lebih asri yaitu:

1. Menurunkan kadar stres

Menanam pohon dapat membuat kadar stres di dalam tubuh kita menjadi lebih rendah. Manfaat ini telah dibuktikan melalui kegiatan forest bathing dan beberapa hasil penelitian yang baru-baru ini diterbitkan.

Baca Juga: Apakah Beras Merah Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Sebuah penelitian yang melibatkan 585 orang Jepang dewasa muda dengan meminta mereka berjalan-jalan di 52 lokasi hutan yang berbeda.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan para peserta yang berjalan-jalan di hutan selama 15 menit lebih jarang mengalami kecemasan, kelelahan, perilaku agresif, kebingungan dan gejala depresi.

Manfaat ini mungkin berkaitan dengan bagaimana hutan mempengaruhi otak kita. Sebuah studi lainnya menemukan bahwa orang yang tinggal di dekat pohon memiliki “integritas amigdala” yang lebih baik.

Hal ini menandakan bahwa, struktur otak orang-orang yang menanam pohon atau berjalan-jalan di area yang penuh pepohonan lebih mampu dalam menangani stres.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenali Ciri Warung Pesugihan, Begini Solusinya!

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:12 WIB
X