• Jumat, 9 Desember 2022

Selain Konsumsi Makanan Mentah, Ini Faktor Lain yang Menimbulkan Infeksi Cacing Usus

- Kamis, 24 November 2022 | 17:47 WIB
Beginilah hasil lab isi perut kecoa, ada cacing dan banyak bakteri pastinya. Jangan sampai terinjak dan mengotori lantai rumah kita ya, guys!! (Quora.com / Pratiwi Sudarsih)
Beginilah hasil lab isi perut kecoa, ada cacing dan banyak bakteri pastinya. Jangan sampai terinjak dan mengotori lantai rumah kita ya, guys!! (Quora.com / Pratiwi Sudarsih)

HARIANTERBIT.com – Cacing usus merupakan parasit yang terdapat pada usus manusia. Cacing usus sering ditemukan di daerah subtropis dan tropis, namun beberapa jenis lainnya juga banyak ditemukan di Amerika Serikat.

Namun orang yang terkena infeksi cacing usus masih dapat disembuhkan dengan obat-obatan dari resep dokter.

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari infeksi cacing usus dan faktor penyebabnya.

Baca Juga: Catat! Begini Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa saat Berada di Gedung Bertingkat

1.Gejala cacingan

-Sakit perut
-Diare, mual, atau muntah
-Gas dan kembung
-Kelelahan
-Penurunan berat badan secara tiba-tiba
-Sakit perut atau nyeri

Orang yang terkena cacingan dapat mengalami disentri, yaitu ketika infeksi usus menyebabkan diare dengan darah dan lendir di tinja.

Selain itu, cacingan juga dapat menyebabkan ruam atau gatal-gatal disekitar dubur atau vulva. Namun cacing parasite ini dapat dikeluarkan ketika kalian buang air besar.

2.Jenis umum cacing usus

Cacing pipih, meliputi cacing pita dan cacing tabang. Cacing jenis ini dapat menyebabkan infeksi ascariasis, kremi">cacing kremi, dan cacing tambang.

Cacing pita terdapat pada makanan daging babi atau sapi mentah. Sedangkan kremi">cacing kremi merupakan cacing yang paling menginfeksi, sebab cacing ini mudah berpindah dari orang yang berada di tempat tinggal yang berdekatan. Sementara cacing tambang merupakan cacing yang menginfeksi namun tidak menimbulkan gejala.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X