• Senin, 5 Desember 2022

Hati-hati Parasit di Ikan dan Daging Mentah, Ini Bahayanya

- Kamis, 24 November 2022 | 09:50 WIB
Ilustrasi seafood. Penyuka makanan laut mentah harus hati-hati karena ada parasit yang bisa membuatmu sakit.  (pixabay)
Ilustrasi seafood. Penyuka makanan laut mentah harus hati-hati karena ada parasit yang bisa membuatmu sakit. (pixabay)
HARIANTERBIT.com – Hati-hati dengan seafood atau makanan laut mentah karena adanya parasit baru yang dapat menginfeksi perut. Parasit baru ini dapat menyebabkan gejala mirip flu serius.
 
Dilansir dari healthline.com, seorang dokter memperingatkan bahwa telah terjadi peningkatan infeksi parasit yang dikenal sebagai anisakiasis.
 
Anisakiasis ini dapat terjadi ketika memakan mentah ikan atau cumi-cumi mengandung larva yang terinfeksi hingga di dalam perut akan menyerang dinding lambung atau usus.
 
Gejalanya meliputi sakit perut, diare, mual, muntah, perut kembung, darah dan lendir di tinja, dan demam ringan.
 
 
Lauri Wright, PhD, asisten professor kesehatan di University of South Florida, dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menyebut sebaiknya  menghindari konsumsi makanan mengandung ikan mentah. Ia menilai hal itu tidak memberikan manfaat kesehatan tambahan dibanding ikan yang dimasak.
 
Namun ia juga menyebutkan bukan hanya makanan laut mentah yang perlu dikhawatirkan. Daging atau makanan laut yang diolah setengah matang juga dapat menimbulkan bahaya yang signifikan.
 
Lauri Wright mengatakan bahwa saus pedas atau alkohol tidak akan membunuh bakteri ataupun melindungi tubuh dari keracunan makanan.
 
 
Untuk menghindari resiko tersebut, Lauri wright menyarankan untuk membeli ikan yang didinginkan dengan suhu di bawah 40o F (4oC) atau dikemas dengan baik dalam es.
 
Maka cari ikan dengan daging yang mengkilat dan keras yang tidak memiliki bau amis kuat. Itulah beberapa penjelasan tentang makanan laut mentah yang harus diwaspadai karena terdapat parasit baru yang berbahaya bagi tubuh.
 
Semoga bermanfaat. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Sehat dan Lezat 

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:38 WIB

Simak, Ini Cara Mudah Membuat Harga Diri Tinggi

Minggu, 4 Desember 2022 | 08:23 WIB
X