• Rabu, 7 Desember 2022

10 Manfaat Kombucha Minuman Sehat Cina Timur, Nomor 3 Paling Favorit

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:45 WIB
Kombucha, minuman sehat asal Jepang yang banyak manfaat.  (Pinkvilla.com)
Kombucha, minuman sehat asal Jepang yang banyak manfaat. (Pinkvilla.com)

HARIANTERBIT.com – Manfaat kombucha banyak dibicarakan. Minuman dari Cina Timur Laut  yang ditemukan sekitar 220 SM. Namun namanya berasal dari Dr. Kombu, seorang dokter terkenal dari Korea.

Apa itu kombucha? Minuman sehat asam-manis bersoda yang difermentasi yang dihargai karena khasiat penyembuhannya. Minuman ini terbuat dari ragi, teh, bakteri, dan gula.

Campuran didiamkan selama beberapa waktu untuk menyelesaikan proses fermentasi, dan selama waktu itu, bakteri sehat dan asam terbentuk dalam minuman kombucha.

Setelah fermentasi selesai, minuman menjadi berkarbonasi, itulah sebabnya minuman kombucha bersoda. Selain itu, asam dan bakteri dalam kombucha membentuk lapisan di atas cairan yang dikenal sebagai koloni simbiosis bakteri dan ragi, bentuk singkatnya adalah SCOBY.

Selanjutnya SCOBY dapat digunakan kembali untuk memfermentasi kombucha.

Baca Juga: Meghan Markle Blak-blakan Soal Hubungan dengan Keluarga Kerajaan Inggris

Bakteri dalam kombucha mengandung bakteri asam laktat yang berfungsi sebagai probiotik, karenanya dipromosikan sebagai minuman sehat.

Ada banyak manfaat kesehatan potensial dari teh kombucha seperti dilansir dari pinkvilla.com.

Berikut 10 manfaat kesehatan teratas kombucha :

  1. Bermanfaat untuk kesehatan usus

Kombucha, seperti makanan fermentasi lainnya, kaya akan probiotik yang meningkatkan kesehatan usus dan menjaga komunitas mikroorganisme yang sehat di dalam tubuh. 

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X