• Minggu, 3 Juli 2022

Kerennya Pantai di Nias Selatan, Jadi Tempat Kompetisi Surfing Kelas Dunia

- Kamis, 23 Juni 2022 | 23:48 WIB
Pantai Sorake yang menjadi incaran peselancar dunia, tempat digelarnya ajang Nias Pro 2022.  (instagram @asiansurfco)
Pantai Sorake yang menjadi incaran peselancar dunia, tempat digelarnya ajang Nias Pro 2022. (instagram @asiansurfco)

   HARIANTERBIT.com - Ajang Kompetisi Sufing (selancar) kelas dunia saat ini tengah berlangsung hingga 28 Juni 2022 di Pantai Saroke.

Pantai ini merupakan salah satu pantai unggulan di Nias Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang menantang dan pasir putihnya yang indah.  
 
Pulau Nias di Sumatera Utara, memiliki banyak tempat wisata pantai yang memukau dan diminati para peselancar karena ombaknya yang dahsyat, menandingi ombak yang ada di Banyuwangi Jawa Timur, Lampung dan Lombok.
 
 
Dan berikut 3 pantai cantik di Nias Selatan dan menjadi destiasi wisata paling diminati:
 
Pantai Sorake
 
Dikutip dari situs resmi pemerintah kabupaten Nias Selatan, disebutkan Pantai Sorake memiliki karakter ombak yang bagus. Bahkan pada bulan-bulan April hingga September, tinggi ombak bisa mencapai 15 meter.
 
Ombak akan selalu muncul tanpa jeda, sehingga akan ada banyak moment yang seru dan menyenangkan bagi para peselancar. Pantai Sorake termasuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia.
 
Selain biasa digunakan oleh peselancar profesional, Pantai Sorake juga masih bisa dinikmati oleh para pemula. Pagi hari di saat ombak belum terlalu besar, banyak yang terlihat belajar selancar dipantai ini dengan pandu oleh warga lokal.
 
 
Pantai Lagundri
 
Tak hanya Pantai Soreke, Pantai Lagundri juga jadi incaran para peselancar. Ketinggian ombak di Pantai Lagundri bisa mencapai 7 hingga 10 meter, dan dorongan ombaknya bisa membawa peselancar melucur sejauh 200 meter.
 
Pantai ini disebut memiliki panorama yang tak kalah dari Hawaii, dengan lautnya yang hijau tosca dan hamparan pasir putih yang landai.
 
Pantai ini lokasinya agak terpencil. Meski begitu sarana dan fasilitas bagi wisatawan sudah sangat baik, karena sudah banyak pelancong dan peselancar dari luar negeri yang merambah hingga ke pantai ini.
 
 
Pantai Ladeha
 
Dari situs resmi kemenparekraf, diterangkan letaknya pantai ini berada di pinggiran desa Lolomoyo, kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan. Keunikan dari tempat wisata ini karena pengunjung bisa menikmati keindahan batu karang atau coral, di sekeliling pantainya.
 
Lokasi ini juga memiliki spot yang menawan hingga disukai kalangan pecinta fotografi. Tak sedikut yang juga memanfaatkannya untuk sesi foto pre-wedding.
 
Pantai Ladeha juga dipenuhi dengan goa-goa alami di sepanjang pesisir. Tentunya spot ini akan sangat memikat untuk berfoto ria.
 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam lawatannya ke Kabupaten Nias Selatan, Rabu 23 Juni 2022, mengatakan hamparan laut Niat menjadi alasan kompetisi olahraga selancar kelas dunia memilih Indonesia sebagai tuan rumah.
 
“Surfing Internasional Nias Pro 2022 WSL, sekaligus jadi ajang unjuk gigi Destinasi Wisata Indonesia,” ujar Sandi.
Sebanyak 200 peserta dari 15 negara ambil bagian dalam ajang Nias Pro 2022 yang diselenggarakan di Pantai Sorake, Nias Selatan.
 
Terdapat empat kategori yang diperlombakan dalam Nias Pro 2022 ini, yakni; Men’s Junior Tour, Women Junior Tour, Mes’s Qualfying Series, dan Women’s Qualifying Series. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memasak Daging Steak Ala Dims The Meat Guy

Sabtu, 2 Juli 2022 | 08:30 WIB

Gigi Berubah Menjadi Kuning, Apa Penyebabnya?

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:07 WIB
X