• Senin, 5 Desember 2022

Ultimatum Kader Bermanuver Politik, Megawati: Keluar daripada Saya Pecati lho Kamu

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:14 WIB
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memberi sambutan di Rakernas II PDIP.  (ikbal muqorobin)
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memberi sambutan di Rakernas II PDIP. (ikbal muqorobin)
 
 
HARIANTERBIT.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberi ultimatum keras kepada kadernya untuk tetap mematuhi aturan partai. Hal ini juga terkait dengan calon presiden yang akan diusung PDI Perjuangan. 
 
Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021 Megawati mengingatkan agar kadernya harus selalu sejalan dengan ketentuan partainya. Dia menegaskan sampai hari ini belum memutuskan calon presiden yang akan diausung PDIP pada Pemilu 2024. 
 
"Kalau saya dalam keputusan kongres partai makanya banyak yang selalu mau memutarbalikan, mau menggoreng-goreng mengapa PDI diam saja tidak pernau mau mencalonkan seseorang," kata Megawati di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022.
 
 
Di hadapan kadernya, Presiden ke-5 RI ini pun mengingatkan untuk tidak melakukan manuver politik. Megawati secara tegas meminta kader seperti itu untuk angkat kaki dari PDI Perjuangan.
 
"Kalian siapa yang berbuat manuver, keluar. Karena apa, tidak ada di dalam PDI Perjuangan itu yang namanya main dua kaki main tiga kaki memainkan manuver," tegas dia. 
 
 
Dia menyatakan ketua umum memiliki hak prerogratif untuk menentukan calon presiden yang akan diusung partai. Megawati kembali meminta kader yang melakukan manuver di luar partai untuk mengundurkan diri sebelum disanksi pecat. 
 
"Kenapa karena saya diberi oleh kalian sebuah hak, namanya hak preorogatif. Hanya Ketua Umum yang menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan," tandasnya.
 
 
"Ingat lho. Lebih baik keluar daripada saya pecati lho kamu. Saya pecati. Inilah organisasi dari sebuah partai yang namanya Partai Demokrasi Perjuangan yang mengikuti aturan partainya dan solid bersama dengan rakyat," imbuh dia. 
 
Diketahui Rakernas II PDI Perjuangan Tahun 2021 digelar selama tiga hari dari 21 Juni hingga 23 Juni 2022. Rakernas dihadiri struktur DPW, DPD partai.
 
Hadir pula pejabat negara yang merupakan kader PDIP diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Sehat dan LezatĀ 

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:38 WIB

Simak, Ini Cara Mudah Membuat Harga Diri Tinggi

Minggu, 4 Desember 2022 | 08:23 WIB
X