• Minggu, 3 Juli 2022

Ubah Sekarang! Begini Seharusnya Kepribadian Orang Sukses

- Selasa, 21 Juni 2022 | 15:11 WIB
Ilustrasi. Kepribadian positif yang juga selalu berpikir positif akan membawa pada kesuksesan.  (freepik/jcomp)
Ilustrasi. Kepribadian positif yang juga selalu berpikir positif akan membawa pada kesuksesan. (freepik/jcomp)
 
HARIANTERBIT.com - Sukses tidak terjadi dengan begitu saja. Meski cara tiap orang dalam meraih kesuksesan berbeda-beda, namun para ahli menyimpulkan bahwa kesuksesan dapat dibentuk melalui kepribadian positif.
 
Oleh karenanya, kepribadian positif adalah keharusan. Ini tak bisa ditawar.
 
Dan sebagaimana dikutip dalam Terapi Berpikir Positif karya Dr. Ibrahim Elfiky, ada beberapa ciri-ciri kepribadian positif dari mereka yang sudah berhasil meraih sukses
 
 
Apa saja? Simak rangkuman berikut ini:
 
1. Percaya diri
 
Percaya diri merupakan hal utama yang harus dibangun untuk meraih kesuksesan. Yakinkan diri bahwa kamu juga bisa sukses. Rasa percaya diri adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk maju dan berkembang.
 
2. Menyukai perubahan
 
Jika ingin sukses, maka kamu harus paham bahwa perubahan tidak dapat dihindari. Dengan begitu, maka mulailah untuk memikirkan tujuan yang diinginkan.
 
Kemudian, lanjutkan dengan menyusun rencana berdasarkan segala kemungkinan, lalu realisasikan dalam tindakan nyata. Tapi jangan berhenti sampai di situ, lakukan evaluasi atas apa yang sudah dilakukan dan perbaiki lagi
 
 
3. Cara pandang yang jelas
 
Mempunyai cara pandang yang jelas atas apa yang diinginkan baik dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Dari sana segerakan untuk meraihnya dengan mengerahkan segala potensi yang ada.
 
4. Selalu mencari jalan keluar dari masalah
 
Jalan menuju sukses tak semulus jalan tol yang bebas hambatan. Siapkan diri untuk segala kemungkinan permasalahan yang akan muncul, dan cari jalan keluarnya.
 
Yakinkan diri bahwa setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Jangan biarkan masalah dan kesulitan memengaruhi aspek kehidupan yang lain. Sikapi permasalahan dengan wajar dan tidak berlebihan. 
 
 
5. Belajar dari masalah dan kesulitan
 
Pribadi yang sukses tidak hanya fokus pada pemecahan masalah, tapi bagaimana dapat mengambil pelajaran dari setiap masalah yang dihadapi. Pelajaran itu akan berguna untuk merencanakan masa depan.
 
6. Hidup dengan cita-cita, perjuangan dan kesabaran
 
Tanpa cita-cita, hidup akan terasa sempit. Cita-cita merupakan fondasi kemajuan. Memiliki cita-cita akan membuat akan berjuang keras untuk mewujudkannya. Meski perjuangan itu berliku, tapi tetap jalani dengan sabar.
 
 
7. Pandai bergaul dan suka membantu orang lain
 
Senang bergaul akan memberikan efek besar bagi seseorang dalam meraih kesuksesan. Dengan bertemu banyak orang, maka akan didapat energi positif yang berguna untuk melecutkan motivasi.
 
Membantu orang lain juga menjadi jalan sukses. Semesta akan melihat seberapa besar kebermanfaatan seseorang di mata orang lain.
 
 
8. Beriman dan tawakal kepada Allah
 
Dari semua cara untuk dapat meraih kesuksesan pastinya tidak akan berjalan tanpa dibarengi keimanan dan tawakal kepada Allah SWT.
 
“Ketika kamu telah membulatkan tekad maka tawakal lah pada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tawakal kepada-Nya.” Kutipan surat Ali Imran ayat 159, akan memberi jawaban atas apa yang kamu butuhkan dalam meraih keberhasilan.
 
 
Itulah ciri-ciri kepribadian positif yang harus dimiliki agar jalan menuju kesuksesan dapat segera terwujud.
 
Jika selama ini kamu belum memiliki ciri-ciri seperti yang telah disebutkan di atas, maka segeralah bangkit dan berubah. Dan jadilah pribadi yang positif. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memasak Daging Steak Ala Dims The Meat Guy

Sabtu, 2 Juli 2022 | 08:30 WIB

Gigi Berubah Menjadi Kuning, Apa Penyebabnya?

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:07 WIB
X