• Senin, 5 Desember 2022

Rujukan Pasien Internasional, Sunmed Sekaligus Jadi Wisata Media

- Sabtu, 2 April 2022 | 14:13 WIB
RS Sunmed (dok)
RS Sunmed (dok)


Jakarta, HanTer – Sejauh ini kebutuhan akan rumah sakit aman, nyaman dan berkualitas diminati para pasien. Baik berskala nasional maupun internasional agar mereka bisa control dan bereobat terkait kesehatan maupun penyakit yang diderita si pasien.

Nah, beranjak dari itu Sunway Medical Centre (Sunmed) menjadi rumah sakit regional tersier dan kuarter satu atap asal Malaysia yang menjadi tujuan wisata medis. Rumah sakit ini berkomitmen menjadi salah satu rujukan untuk wisata medis bagi pasien internasional, khususnya kanker.

Kunjungan pasien internasional di RS ini mencapai sekitar 43.000 kunjungan pasien internasional. Di mana 50% atau sekitar 20.000 lebih pasien berasal dari Indonesia.
"Nomor satu pasien kami berasal dari Indonesia," kata Assistant Director International Business Development Sunway Healthcare, Faith Tang, seperti keterangan tertulis, Sabtu (1/4/2022).

Pascapandemi, RS SunMed kembali membuka layanannya seiring dengan dibukanya Malaysia untuk wisata termasuk demi tujuan berobat. Per 1 April 2022, turis atau pasien harus sudah menjalani vaksin lengkap. Misalnya, untuk vaksin Sinovac harus sudah booster.

"Untuk yang divaksin Moderna, Astra Zeneca dan Pfizer cukup dua kali vaksin. Tidak perlu booster. Namun, jika di booster lebih baik lagi," kata Perwakilan Sunway Medical Centre di Jakarta, Nugraha Bio Rahardjo.

Selain itu, untuk kriteria umur pasien di atas umur 60 tahun yang belum divaksin booster maka dianggap belum lengkap.

"Jadi vaksin lengkap itu menjadi salah satu kriteria, wisatawan atau turis untuk masuk ke Malayia. Selain itu PCR 2 kali 24 jam sebelum kedatangan. Dan setelah tiba, cukup di antigen saja," tambahnya.

RS swasta terbesar di Malaysia ini berlokasi di kota mandiri yang berkembang pesat, Sunway City. Letaknya juga berjarak dekat dengan Sunway Lagoon, Sunway Hotel, Sunway Shopping Mall, Monash University, dan Sunway University. Selain itu, SunMed dilengkapi dengan telemedicine yang diluncurkan sejak April 2020 lalu.

Seperti diketahui, Sunway dikenal fokus pada perawatan kanker, hematologi, terapi radionuklida bertarget, operasi berbantuan robotic, transplantasi tulang sumsum, transplantasi ginjal, dan lain-lain. SunMed juga terus menjadi pelopor dalam adopsi teknologi baru dengan 26 pusat keunggulan. Terdiri dari 616 tempat tidur, lebih dari 300 spesialis, 60 spesialisasi media, SunMed menyediakan rangkaian lengkap solusi medis dan bedah.

"SunMed telah menjadi yang terdepan dalam mengadopsi teknologi terbaru untuk mencapai keunggulan klinis," tambahnya.

Halaman:

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Sehat dan LezatĀ 

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:38 WIB

Simak, Ini Cara Mudah Membuat Harga Diri Tinggi

Minggu, 4 Desember 2022 | 08:23 WIB
X