Lebih Dekat dengan Teknologi, SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City Gunakan VR dalam Kegiatan Belajar Mengajar

- Rabu, 30 Maret 2022 | 10:43 WIB
SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City saat menggunakan VR dalam kegiatan belajar mengajar
SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City saat menggunakan VR dalam kegiatan belajar mengajar

 

Depok, HanTer - Setelah dirasa cukup memberikan pembekalan terhadap para pendidik, SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City mulai menggunakan teknologi Virtual Reality (VR), guna mendukung kegiatan belajar mengajar antara siswa dan guru.

Hal ini dilakukan oleh SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City, lantaran tak mau ketinggalan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia yang dikenalkan kepada anak didik melalui VR sejak dini.

Proses belajar mengajar yang salah satunya menggunakan VR ini sejatinya sudah dilakukan SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City sejak Senin (28/3/2022) lalu. "Proses pembelajaran dengan media VR baru terealisasi sekarang, karena sebelumnya kami menyiapkan perangkat guru untuk pelatihan terlebih dulu," ucap Hj. Enung Nuraeni M. Pd, selaku kepala sekolah SD Islam Al Azhar 46.

Kelas 2 Mina SD Al-Azhar 46 GDC saat merasakan sensasi ketika belajar menggunakan VR
Kelas 2 Mina SD Al-Azhar 46 GDC saat merasakan sensasi ketika belajar menggunakan VR

Kepala Sekolah yang murah senyum itu pun mengatakan jika jajarannya menyiapkan perangkat materi pembelajaran yang dapat disandingkan dengan VR, dimana vidoe tiga dimensi yang dibuat oleh para guru menyesuaikan dengan kurikulum yang dipakai oleh SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City.

"Alhamdulillaah, Bapak Ibu guru SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City sudah mampu membuat materi pembelajaran berbasis tiga dimensi sendiri dan siap disampaikan kepada anak-anak di kelas melalui media VR ini," tambah Hj. Enung Nuraeni M. Pd.

Teknologi VR merupakan salah satu teknologi berbasis komputer yang mengkombinasikan perangkat khusus input dan output, agar pengguna dapat berinteraksi secara mendalam dengan lingkungan maya, seolah-olah berada pada dunia nyata.

Salah satu murid 2 Mina saat menggunakan VR
Salah satu murid 2 Mina saat menggunakan VR

Sistem koordinat 3D pada VR menganut sistem koordinat kartesian. Hal tersebut dikarenakan pengguna dapat melihat obyek dalam dunia maya dalam segala penjuru mulai dari atas, bawah, kiri, kanan, belakang maupun depan.

"Tujuannya agar murid-murid merasakan materi pembelajaran virtual seperti aslinya. Contoh, pada pelajaran Haji & Umrah, anak-anak bisa seolah-olah berada di depan Kabah secara langsung melalui media VR. Kemudian contoh lain pada pelajaran science, anak-anak bisa seolah-olah berada di luar angkasa atau tempat lain dengan menggunakan VR," pungkasnya.

Sebelumnya, sekolah yang berlokasi di Grand Depok City ini, sudah melakukan sosialisasi tentang Cyber Pedagogi dan Urgensi Virtual Reality di Dunia Pendidikan kepada seluruh orang tua murid beberapa waktu lalu yang bekerjasama dengan Milea Lab serta Jam'iyyah SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City.

Jam'iyyah SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City saat memberikan VR bebera waktu lalu.
Jam'iyyah SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City saat memberikan VR bebera waktu lalu.

Jam'iyyah SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City pun sudah membagikan VR Glasses Box tersebut kepada para murid kelas 2, 3 dan 4, pada Sabtu (18/9/2021) lalu secara drive thru, di depan loby Masjid jami Al Muiz YPBIC.

Itu menjadi salahsatu program kerja Jam'iyyah periode 2021-2023 di bawah kepemimpinan Dewi Mutiara Ariesandy yang mensupport proses belajar mengajar di SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City di tengah perkembangan teknologi digital, di mana rencana tersebut sudah terjadwalkan pada periode sebelumnya.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Singkat Yang Bisa Membuatmu Kaya Raya

Kamis, 23 Maret 2023 | 10:42 WIB
X