MAN UNITED 2-0 MAN CITY

Setan Merah Pijaki Jalur Eropa

Eka
Setan Merah Pijaki Jalur Eropa
Anthony Martial (ist)

Manchester, HanTer - Kemenangan penting yang dituai Manchester United usai membungkam Manchester City dalam laga bertajuk Derby Manchester yang berkesudahan 2-0 di Old Trafford, Senin (9/3/2020) dini hari membawa mereka ke jalur Eropa.

Ya, kemenangan membuat Manchester United (MU) kian dekat mewujudkan target, yakni tembus ke Liga Champions musim depan. Saat ini tim asuhan pelatih Ole Gunnar Solskjaer menghuni peringkat lima dengan mendulang 45 angka dari 29 laga yang telah dilalui.

Untuk mewujudkan ambisi bermain di Liga Champions musim depan, Setan Merah, julukan MU, hanya tertinggal tiga angka dari Chelsea yang menghuni slot akhir atau peringkat empat. Kemenangan juga seolah membuktikan anak asuh Solskjaer mulai bangkit dari keterpurukan.

MU memang tak memiliki lebih banyak penguasaan bola dibandingkan Manchester City dalam laga yang berlangsung di Old Trafford itu. Akan tetapi, Setan Merah berakhir sebagai pemenang tak lepas dari blunder yang dilakukan oleh kiper Ederson Moraes.

Ederson gagal mengantisipasi bola tembakan voli Anthony Martial yang mengarah tepat ke arahnya pada babak pertama, sebelum kemudian mengirimkan umpan lemparan yang jatuh ke hadapan Scott McTominay sebelum dikonversi menjadi gol kedua pada pengujung laga. MU menang 2-0 atas City.

Kemenangan yang dipetik MU atas Man City juga menjadi angin segar tersendiri bagi Liverpool. Sebab hal itu turut mempercepat langkah tim asuhan Juergen Klopp meraih gelar juara Premier League musim ini. Itu sekaligus menghapus mimpi panjang mereka selama 30 tahun.

Hasil itu praktis membuat Liverpool yang sudah mengoleksi 82 poin kini di puncak klasemen punya keunggulan 25 poin atas City di posisi kedua. Kekalahan yang menimpa The Citizens, julukan Man City, membuat Liverpool di atas kertas cuma butuh enam poin lagi untuk memastikan gelar juara.

Bahkan, jika keberuntungan memihak, Liverpool bisa jadi juara di markas rival sekotanya Everton, Goodison Park, apabila City menelan kekalahan di dua laga berikutnya. Namun Solskjaer tidak memikirkan itu. Juru taktik asal Norwegia hanya fokus kepada timnya untuk mwncapai target empat besar.

"Kami merasa kami membaik sebagai tim dan tim. Kami merasa para penggemar ingin kami tampil baik dan mereka melihat apa yang kami lakukan, jadi ini semakin baik dan semakin baik. Tapi kami masih di urutan kelima. Kami butuh poin untuk mengejar Chelsea dan Leicester, jadi harus terus berusaha keras," kata dia dikutip BBC Sport.