Indeks KUB di Jakarta Tempati Urutan 27

FKUB: Selama 2019, Kerukunan Antar Umat Beragama di Jakarta Terjaga

Sammy
FKUB: Selama 2019, Kerukunan Antar Umat Beragama di Jakarta Terjaga

Jakarta, HanTer - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta menyatakan kerukunan umat beragama di DKI Jakarta selama tahun 2019 terjaga dengan baik.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta Dede Rosyada mengatakan, selama tahun 2019. Di DKI Jakarta tidak ditemukan konflik keagamaan yang menjurus pada sentiment agama, permusuhan, kekerasan, permusuhan, kekerasan ataupun kerusuhan yang mengganggu jalannya roda pemerintahan atau memicu disharmonisasi hubungan sosial antar umat yang berbeda latar belakang agama dan budaya.

"Kalau indikator semua pada konflik, semua agama hampir tidak ada konflik, kecuali kritik masyarakat kepada pemerintah itu wajar," kata Dede usai Konfrensi Pers Refleksi Akhir Tahun, terkait Kerukunan Antar Umat Beragama di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

Ia menjelaskan, upaya menjaga kerukunan antar umat beragama yakni dengan rutin menggelar dialog, diskusi, seminar dan workshop secara berkala dikalangan umat beragama. Pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Kementerian Agama, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat.

"Kami selalu meningkatkan toleransi, rutin dialog digereja, vihara dan sebagainya, mengundang masyarakat. Sosialisasi kebijakan terus dilakukan. Jika ada permintaan pembangunan rumah ibadah langsung dibahas. Dua Minggu selesai," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat menyebut indeks KUB nasional mencapai 73,83. Sementara untuk posisi DKI Jakarta berada di urutan 27 dari 34 provinsi dengan poin 71,3.

Survei itu dilakukan pada 16-19 Mei 2019 dan 18-24 Juni 2019 lalu. Ada 13.600 responden dari 136 kota/kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia.

Metode survei dilakukan secara acak berjenjang dengan margin of error sekitar 4,8 persen. Hal yang disorot Kementerian Agama adalah toleransi, kesetaraan dan kerja sama antar umat beragama.

#Kub   #agama   #rukun   #jakarta   #fkub   #kemenag