Pengamat: Fatal, Cak Imin tak Undang Abdul Karding dan Lukman Edi di Muktamar PKB

Safari
Pengamat: Fatal, Cak Imin tak Undang Abdul Karding dan Lukman Edi di Muktamar PKB
Direktur Eksekutif Polical and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie

Jakarta, HanTer - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinilai bakal mengalami gempa politik dengan tak diundangnya Abdul Karding dan Lukman Edi pada Muktamar di Bali. Persoalan tersebut akan sangat berperngaruh bagi kelangsungan PKB ke depannya. Apalagi Abdul Karding dan Lukman adalah tokoh muda yang sangat ptensial dan begitu penting  bagi perkembangan PKB.

"Saya nilai secara halus, Cak Imin bakal menendang keduanya, ini dibuktikan dengan tak diundang ke Muktamar PKB di Bali," kata Direktur Eksekutif Polical and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Menurut Jerry, Cak Imin membuat kesalahan fatal. Karena bisa saja terjadi kegaduhan politik apalagi selama ini Abdul Karding dan Lukman Edi memiliki kedekatan dengan Jokowi.

"Mereka kan pentolan PKB jadi setidaknya harus diundang. Cak Imin bikin kesalahan fatal. Keduanya banyak followers juga di internal PKB. Kalau ada masukan baik kenapa harus ditolak. Ini menunjukan kepemimpinan Cak Imin lemah," tegasnya.

Lebih lanjut Jerry mengatakan, keluarga besar Gus Dur tokoh penting PKB tak dilibatkan ini bisa jadi bumerang bagi PKB sendiri. Oleh karena itu diprediksi ke depan akan ada dualisme di tubuh PKB. Mungkin Cak Imin melihat keduanya merupakan ancaman bagi dia. Sehingga keduanya sengaja tak dilibatkan. Kendati keduanya mantan Sekjen PKB.

"Apalagi keluarga Gus Dur tak dilibatkan dan ini bisa berdampak buruk bagi kepemimpinan Cak Imin ke depan," tandasnya.

Seperti diketahui dua mantan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding dan Lukman Edy tidak diundang pengurus DPP PKB ke Muktamar yang digelar di Nusa Dua Bali, Selasa (20/8/2019). Abdul Kadir Karding yang sekarang menjabat Ketua DPP PKB enggan berkomentar terkait tidak diundangnya ke Muktamar yang salah satu agendanya memilih Ketua Umum PKB 2019-2024.