Humphrey Djemat dan KH Mahfudz Syaubari Berdiskusi Tentang Umat dalam Menghadapi Pesta Demokrasi

Safari
Humphrey Djemat dan KH Mahfudz Syaubari Berdiskusi Tentang Umat dalam Menghadapi Pesta Demokrasi

Surabaya, HanTer - Ketua Umum DPP PPP Humphrey Djemat kembali menjalin silaturrahmi. Kali ini silaturahmi yang dilakukan Humphrey dengan mengunjungi PonPes Riyadul Jannah di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam silarurahmi ini Humphrey juga mengikuti ta'lim bersama ratusan santri yang duduk rapi dan khusu mendengarkan sang Kyai kharismatik yang berwawasan luas.

Pagi yang sejuk di lereng gunung membuat semua menyimak dengan seksama. Dalam silarurahmi ini Humphrey juga diajak oleh Gus Yusuf yang merupakan putera KH. Mahfudz ke ruang tamu yang hanya berjarak beberapa meter.

Di ruang tamu telah tersajikan minuman khas yang sungguh menyegarkan, teh dengan daun mint. "Silahkan Pak Humphrey di minum sambil menunggu Abi," kata Gus Yusuf.

Tak lebih dari 5 menit Kyai yang punya hubungan luas dengan insan-insan penting di negeri ini datang, walau ketika di mesjid tadi mereka sudah bersalaman namun kembali kedua tokoh ini berangkulan menandakan kehangatannya hubungan.

Setelah mempersilahkan duduk, Abi panggilan KH Mahfudz duduk lebih dekat dengan Humphrey. "Saya berterima kasih atas kehadirannya untuk bisa bersilaturrahmi yang ke 2 di tempat saya," ujar Kyai.

Selepas itu Kyai yang tak lelah mendidik santri ini menceritakan perjalan sejarah bangsa Indonesia dimana di dalamnya juga berjuang tokoh tokoh islam dan tokoh tokoh nasionalis yang ingin mewujudkan Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Ia juga memberikan pandangan mengenai kondisi Indonesia saat ini dan harapannya ke depan dalam prospek seorang hamba Allah yang tawaduk, berilmu tinggi dan mewakafkan diri, harta dan waktunya untuk kemajuan umat.

Komunikasi yang terbangun antara praktisi hukum yang telah banyak malang melintang di bidangnya dengan ulama besar dengan ilmu yang mendalam dan berpandangan luas. Sungguh sebuah silaturrahmi yang bermanfaat.

Tak terasa waktu beranjak siang, saatnya Ketua Umum PPP dan rombongan mohon izin karena akan melanjutkan agendanya untuk berziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya.

Selain ulama yang masih ada, Humphrey Djemat pun seorang yang sangat menghargai perjuangan para ulama, bahkan wali yang berjuang mensyiarkan islam yang damai di ziarahi.

Sebelum berpisah Kyai Mahfudz berpesan agar Ketua Umum terus merajut silaturrahmi dengan ulama-ulama. Nasihat ini pun dijawab dengan penuh keyakinan, "Insya Allah Pak Kyai, mohon doanya," kata Djemat.

#PPP   #Humphrey   #Kyai   #Diskusi   #Pemilu