5 Dosen UBSI Fakultas Komunikasi & Bahasa Gelar Pelatihan Announcing, Kampung Cerdas Indonesia Tambah Cerdas

romi
5 Dosen UBSI Fakultas Komunikasi & Bahasa Gelar Pelatihan Announcing, Kampung Cerdas Indonesia Tambah Cerdas

Depok, HanTer – Saat ini menjadi seorang dosen tidak mudah. Selain, harus melakukan kegiatan belajar mengajar, dosen juga harus dituntut mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya, aksi pengabdian masyarakat sebagai kegiatan rutin yang harus dilakukan.

Hal itu untuk memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

Oleh karenanya, lima dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Fakultas Komunikasi & Bahasa menggelar pengabdian masyarakat di Sekretarian Kampung Cerdas Indonesia, Jalan Pekapuran raya Gg. H Damon No. 19 Curug Cimanggis-Depok, Ahad (4/11/2018). 

Bertema “Pelatihan Annaouncing Dalam Menunjang Kualitas Pemandu Acara Bagi Remaja Kampung Cerdas”, kelima dosen tersebut ingin berbagi ilmu sekaligus penerapannya. 

“Intinya dengan pelatihan ini kami berharap remaja di sini punya bekal ketika tampil di depan publik. Terutama yang berhasrat menjadi presenter, master of ceremony (MC) ataupun presenter,” Ketua Kelompok PM, Robbikal Muntaha, S.Sos, M.I.Kom. 

Ditambahkan Robbikal, belakangan ini ia prihatin dengan maraknya presenter maupun pembawa acara yang tidak menguasai tekhnik bagaimana menguasai dirinya dan situasi ketika diminta tampil dadakan. “Semoga lewat pelatihan ini akan muncul presenter-presenter handal yang bisa membawa nama dirinya dan Kampung Cerdas,” harapnya.

Tutor pelatihan tersebut, Marlina Rahmi Shinta P, SE MM mengatakan dirinya senang bisa berbagi dengan belasan peserta yang kebanyakan masih remaja. Terlihat dari antusias peserta yang aktif bertanya kiat-kiat menjadi presenter cakap dan bagaimana tips mengatasi rasa grogi ketika menjadi MC. 
“Luar biasa animo remaja Kampung Cerdas ini. Saya yakin semua peserta punya kemampuan menjadi pembawa acara yang baik di masa mendatang,” katanya.

Sedangkan, Pimpinan Kampung Cerdas, Rinaldi mengaku bersyukur dapat kesempatan bersilaturahmi dengan dosen UBSI yang memberi pelatihan tersebut. “Ini kali ketiga tempat kami kedatangan orang-orang akademis. Sebelumnya dosen dari Universitas Indonesia (UI) juga pernah memberi pelatihan dengan kurikulum berbeda,” jelasnya.

Selain Marlina Rahmi Shinta dan Robbikal Muntaha, ketiga dosen yang terlibat adalah, Azhar Utomo, S.Sos Msi, Romi Syahril S.Sos MM, Syarif Fitri SSn MM. Dalam melakukan pengabdian masyarakat, kelima dosen UBSI dibantu dua mahasiswa, yakni, Muhammad Alhabsy dan Zul Arif Pitra. 
Sebelum akhir sesi, peserta juga diberikan tantangan tampil di depan dosen UBSI. Tiga orang terpilih untuk tampil dan dinilai oleh tim dosen UBSI, Deana (juara1), Putmel ((juara 2) dan Nadya (juara 3). 
 

#UBSI   #Robbikal   #Fakultas   #Komunikasi   #Bahasa   #Kampung   #Cerdas