HUT Ke-52, UP Terus Berbenah Tingkatkan Daya Saing

Arbi
HUT Ke-52, UP Terus Berbenah Tingkatkan Daya Saing

Jakarta, HanTer - Universitas Pancasila (UP) tengah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, sejak berdiri pada 28 Oktober 1966. Selama 52 tahun tersebut, Universitas Pancasila masih terus berbenah agar mampu bersaing dengan ribuan perguruan tinggi di Tanah Air.

“Dunia terus bergerak maju, persaingan antarnegera dan bangsa semakin ketat. Perguruan tinggi, menjadi tumpuan pembangunan sumber daya manusia (SDM), karena itu peningkatan fasilitas dan sarana yang modern menjadi penting,” kata Ketua Pembina Yayasan Universitas Pancasila, Siswono Yudho Husodo dalam sambutannya pada peringatan HUT ke-52 UP dengan tema ‘Bersinergi Membangun Pendidikan Bangsa’ di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Rektor UP Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. \ Ketua Pengurus YPPUP Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M. Si., Irjen Pol. Drs. Muktiono, SH., MH.  Koordinator Staff Ahli Kapolri Irjen Pol Drs Muktiono, SH, MH, dan Sivitas Akademika UP.

Rektor UP Wahono Sumaryono menambahkan, data Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mencatat, UP berada di peringkat 59 dari 4.500 perguruan tinggi di Indonesia. Hingga saat ini, peringkat tersebut diupayakan terus naik dengan berbagai terobosan dan pembenahan.

Ia menuturkan, 52 tahun berdirinya UP telah banyak sekali capaian-capaian yang telah diraih sampai dengan saat ini, baik akreditasi, jumlah mahasiswa aktif, lulusan, jumlah dosen tetap, guru besar, pengembangan sarana dan prasarana, serta lainnya.

Saat ini, ungkap dia, UP mengelola sebanyak 27 program studi dengan jenjang pendidikan diploma sampai dengan doktor yang di dalamnya berisi tujuh Fakultas dan sekolah pascasarjana. Prestasi yang telah diraih sampai dengan saat ini yaitu dari sebanyak 27 program studi, 13 telah terakreditasi A dan 12 di nataranya terakreditasi B dan terus diupayakan untuk direakreditasi.

Untuk prestasi non-akademik oleh para mahasiswa yang paling terbaru dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tarung derajat yang menjadi juara umum tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan raihan 5 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.

Dalam kesempatan itu, UP memberikan penghargaan kepada pegawai dan dosen dengan masa bakti 10-30 tahun. Selain itu, penghargaan "Life Time Achievement Award" diberkan kepada Rektor Universitas Pancasila periode 1983-1996 Prof Dr Awaloedin Djamin, MPA, yang juga menjabat Kapolri periode 1978 - 1982. 
 

 

#up   #siswono   #HUT