Hasilkan Puluhan Juta Sebulan, Utomo Parwito Bagi Cara Jadi Blogger Sukses

Safari
Hasilkan Puluhan Juta Sebulan, Utomo Parwito Bagi Cara Jadi Blogger Sukses
Ilustrasi blogger

Jakarta, HanTer - Perkembangan internet membuat banyak hal menjadi mudah, mulai dari komunikasi, mendapat informasi, termasuk untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak sekali pilihan yang tersedia bila ingin mendapatkan uang dari internet.

Mulai dari binis online dengan maupun tanpa modal hingga menulis di blog pun bisa mendapatkan uang. Dua-duanya praktis, hanya saja bila menggeluti bisnis onlie, harus berkutat dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Berbeda bila menjadi blogger, tinggal menulis suatu hal yang diminati, tidak perlu repot bergerak mengurus ini dan itu.

Mencari uang tambahan secara online juga merupakan pilihan yang tepat. Mengingat situasi saat ini, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, sehingga lebih baik meminimalisir aktivitas di luar rumah. Seperti yang diugkapkan oleh Utomo Parwito, profesional blogger, owner Infocorner.id .

"Di masa pandemi Covid-19 menjadi blogger adalah salah satu pilihan terbaik. Selain bisa mengasah kreativitas, kegiatan blogging juga dapat menambah pendapatan," tutur Utomo Parwito.

Terlebih pandemi  membuat pemasukan tersendat, maka masyarakat dipaksa untuk mendapatkan penghasilan lain di luar pekerjaan utama. Perusahaan yang mempekerjakan karyawan part-time juga banyak yang memberhentikan pegawainya untuk menekan anggaran.

Mendapatkan uang melalui online sebagai blogger menjadi solusi para milenial sebagai ganti pekerjaan sampingannya. Bahkan, bila ditekuni secara serius, bisa  menghasilkan uang lebih dan beralih menjadi pekerjaan utama.

"Kegiatan blogging bukan lagi sebagai wadah mencurahkan isi hati, tapi kini juga bisa dijadikan profesi sekaligus salah satu pekerjaan menjanjikan di era pandemi. Tentu bila dikerjakan secara serius," jelasnya.

Untuk bisa menjadi blogger sukses, menurut Utomo Parwito, pegiat harus mempelajari seluk beluk blogging terlebih dahulu. Hal pertama tentu membuat blog terlebih dahulu dan diisi dengan artikel yang bermanfaat, informatif, inspiratif dan menarik.

Artikel bisa ditulis sesuai minat, namun dibalut dengan kalimat yang menarik. Sehingga pengunjung blog akan terdorong untuk membaca artikel tersebut. Semakin banyak pembaca, semakin baik kualitas blog.

Teknik penting yang harus dikuasi oleh seorang blogger adalah SEO (Search Engine Optimization). Setidaknya jika pegiat seorang pemula, pelajari dahulu dasar-dasar SEO. Bisa belajar melalui buku, internet, atau meminta bantuan layanan jasa SEO.

Hal yang tak kalah peting adalah desain blog. Sama halnya sebuah toko, bila susunan toko atau desain interior menarik, maka pengunjung akan betah berlama-lama berada di toko itu. Begitu pula dengan blog yang didesain menarik dan unik, maka akan menggerakkan pembaca untuk berkunjung dan berkutat dalam blog.

Berkecimpung di dunia dunia blogger juga perlu mengetahui aturan yang tidak boleh dilakukan, seperti memuat artikel yang mengandung SARA, spam, dan sejenisnya. Jangan lupa untuk mempromosikan blog lewat media sosial yang sudah dimiliki seperti Facebook, Twitter dan lainnya.

"Bila menerapkan teknik-tekni blogging yang benar, akan meningkatkan engagement blog, itu menguntungkan pegiat. Banyak milenial yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan utamanya. Mereka mampu menghasilkan puluhan juga setiap bulannya hanya dari nge-blog tanpa keluar rumah," tutup Utomo Parwito.