6 Dosen UBSI Beri Meteri Penulisan Feature di Masa Pandemi Covid-19

RS
6 Dosen UBSI Beri Meteri Penulisan Feature di Masa Pandemi Covid-19
Enam dosen UBSI dan puluhan peserta webinar penulisan feature/ dok

Depok, HanTer - Covid-19 hingga saat ini belum berakhir namun tidak menyurutkan langkah enam dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa untuk berbagi ilmu kepada masyarakat. 

Mengingat masih masa pandemik, maka materi yang disampakan secara virtual kepada Tim Rohis Wasilah 109 mengenai Penulisan Feature dan Praktinya, pada Sabtu (7/11/2020).

Penulisan feature tentu berbeda dengan menulis berita, enam dosen UBSI melakukan pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar  puluhan peserta dari Wasilah 109 bisa menulis feature dengan baik.

“Kami memberikan ilmu penulisan feature sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen dan merupakan bagian dari pengabdian masyarakat. Ilmu yang kami berikan ini semoga menjadi ladang amal kami dan bisa bermamfaat untuk teman-teman semua,” kata Ketua Pengabdian Masyarakat, Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos, M.I.Kom.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Wasilah 109 ini diikuti puluhan peserta dari kelompok milineal yang dipandu host dari Wasilah 109 yakni Muhammad Sayyid Shabir dan tiga pemberi materi (tutor), yakni Romi Syahril S.Sos, MM, Drs Priatna M.Si. MM dan Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos, M.I.Kom dengan moderator handal Wasilah 109 Laila Zahira Fatin.

“Menulis feature diperlukan imajinasi, contohnya gambar buah apel berwarna hijau, penulis feature harus bisa berimajinasi bahwa buah apel hijau itu rasanya kecut, berasal dari Malang,  disukai oleh kaum wanita. Jadi ketika menulis feature jangan pernah berpikir untuk membuat judulnya terlebih dahulu,“ kata Priatna.

Sedangkan, Romi Syahril menyampaikan menjadi penulis feature bukan hanya sebagai hobi namun bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

“Tulisan-tulisan feature yang kita buat bisa kita kirim ke media massa, nanti setelah tulisan kita dimuat oleh koran tersebut tentu ada imbalannya. Seorang penulis atau wartawan bisa juga menjadi sukses dalam hal materi, contohnya Dahlan Iskan dan Ilham Bintang,” jelas Romi.

Ketua wasilah 109 Muhammad Nauval mengaku senang bisa menajdi mitra dosen UBSI dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Saya berharap kerjasama dengan dosen UBSI bisa terus berlanjut dengan berbagi ilmu dan pengalaman terhadap disiplin ilmu masing-masing. Jujur materi penulisan feature ini belum pernah kami dapatkan sebelumnya, kami berharap materi seperti ini bermamfaat dalam menulis feature di media sosial,” tuturnya.

Selain Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos, M.I.Kom, Romi Syahril S.Sos, MM dan  Drs Priatna M.Si. MM, ketiga dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat tersebut adalah Azhar Hutomo S.Sos, M.Si, Marlina Rahmi Shinta SE, MM dan Arafiq S.Sos I, MM serta dibantu oleh seorang mahasiswa UBSI, Dimas.

Dalam kesempatan tersebut para peserta diajak ikut lomba penulisan feature dengan tema yang dapat dipilih diantaranya, Covid-19, pilkada, seni dan budaya, pariwisata, emansipasi perempuan dan kesetaraan gender dan altruism. Peserta diminta menulis feature minimal 1 halaman dan maksimal 3 halaman kertas A4. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Arafiq S.Sos.I, MM.
 

#Enam   #Dosen   #UBSI   #Feature