Serunya Festival GenRe 2020

Romi
Serunya Festival GenRe 2020
Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Dalam rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27, remaja Generasi Berencana (GenRe) se- Indonesia melaksanakan serangkaian kegiatan Festival GenRe. 

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya adalah workshop online  bertema Tentang Kita bagi 3000 Pendidik Sebaya, Launching Rebranding BKKBN dan Kartu Anggota GenRe, Covering Theme Song “Berencana Itu Keren”, Keluarga Bantu Keluarga dan Kampanye 2125 keren.
Kegiatan ini diikuti oleh 3000 Pendidik Sebaya (PS) yang dilaksanakan selama dua hari secara online melalui media zoom dan link Youtube GenRe Indonesia. 

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), dr. M.Yani berharap kegiatan tersebut dapat menguatkan kembali betapa penting peran Pendidik Sebaya (PS) dalam menghidupkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

“Selain itu sebagai upaya penyegaran dan meningkatkan keterampilan Pendidik Sebaya dalam menyampaikan materi dengan memanfaatkan berbagai platform dan teknologi pendukung pembelajaran daring,” katanya, seperti keterangan diterima Harian Terbit, Selasa (6/10/2020).

Dikatakannya, tujuan workshop ini salah satunya dapat menggali ilmu dari Bapak Kepala sebagai Ayah GenRe Indonesia melalui “Tanya Dokter Hasto” dimana pertanyaan sudah terhimpun banyak sekali terkait dengan Kesehatan Reproduksi dari peserta yang sudah mendaftar. 

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) yang merupakan dokter Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) mengatakan tidak ada alasan kesehatan reproduksi dianggap tabu, padahal sangat penting untuk kita semua. 

“Kespro ini bisa diberikan di sekolah-sekolah, tidak harus dengan menunjukkan alat kelaminnya langsung tetapi juga bisa dengan melalui animasi atau bisa dengan membuat dokumenter yang singkat tetapi jelas dan tidak perlu ditampakkan alat kelamin,” katanya.

Seperti diketahui, BKKBN selalu melakukan terobosan-terobosan untuk mendekati para remaja terkait ketahanan remaja. 

Nah, melalui program Generasi Berencana (GenRe) BKKBN mengembangkan ketahanan remaja di dalamnya. Program GenRe adalah (1) program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi; 

(2) GenRe program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda; (3) GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa. 

Program GenRe dilakukan dengan pendekatan langsung terhadap remaja serta orang tua yang memiliki anak remaja. Pendekatan kepada remaja dilakukan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja). Saat ini PIK Remaja berjumlah sekitar 23.579 tersebar di 34 Provinsi. 

PIK Remaja diharapkan menjadi wadah bagi remaja untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi dengan teman sebaya mereka.

“Usia 12-13 tahun adalah puncak-puncaknya pubertas, dimana para remaja berubah cara berfikirnya, cara pandang, apa yang mereka lakukan seolah sangat penting, mudah emosi dan cenderung menjauh dari orang dewasa dan orang tua. PIK Remaja menjadi wadah untuk para remaja bercerita kepada pendidik sebayanya, kalau mereka konsultasi di psikolog, kami hanya bisa memberi simpati tapi tidak empati, berbeda dengan pendidik sebaya yang bisa menempatkan diri di posisi mereka bisa memberikan simpati dan juga empati,” kata Rosalina Verauli, M.Psi.


 

#Festival   #GenRe   #2020