Jumlah Website Meningkat, Ini Tips Memilih Jasa Web Hosting dari Rackrock.co.id

Safari
Jumlah Website Meningkat, Ini Tips Memilih Jasa Web Hosting dari Rackrock.co.id
Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian di Indonesia memang tidak main-main.  Mulai dari pemutusan hubungan kerja alias PHK besar-besaran, sampai penurunan omzet hingga lebih dari 50 persen dialami oleh para pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM.

Organization of Economics Co-operation and Development (OECD) bahkan sudah memprediksi, 50 persen UMKM di Indonesia bakal gulung tikar di September ini.

Oleh karena itu, sejak Juni lalu, Kementerian Koperasi dan UKM meminta para pelaku UMKM untuk mulai beralih ke media daring dalam memasarkan produk mereka.  Pasalnya, kementerian melihat, dari 8 juta UMKM di Indonesia, ternyata hanya 13 persen yang sudah memanfaatkan bisnis digital.

Hal ini secara tidak langsung menyebabkan munculnya ratusan website baru di dunia maya.  Hal tersebut juga terlihat dari meningkatnya pengguna jasa web hosting secara siginifikan, mulai periode Juni hingga September ini.

Eko Danang Waskito, owner dari salah satu penyedia jasa web hosting, Rackrock.co.id menuturkan, ada sisi positif dan negatif dari hal ini.  Jika dilihat dari sisi positifnya, berarti pelaku UMKM sudah mulai melek internet, meskipun harus sedikit dipaksakan dengan kondisi pandemi ini. Salah satu pihak yang diuntungkan tentu saja adalah penyedia jasa web hosting.

“Tapi jika dilihat dari sisi negatifnya, maka bisa jadi muncul banyak penyedia jasa web hosting yang hanya ikut-ikutan tren.  Jadi belum terbukti kualitasnya. Ketika sudah dicoba, ternyata website milik pelaku UKM tersebut malah kena retas atau server-nya sering down.  Kan kasihan,” ujar Danang.
 
Oleh karena itu, Danang memberikan beberapa tips untuk memilih jasa penyedia web hosting yang bagus. Pertama, cari yang membuka layanan 24 jam, termasuk hari libur.  Jadi jika sewaktu-waktu website bermasalah, maka tim dari penyedia jasa tersebut bisa langsung membantu.

Kedua, lokasi server.  Untuk pelaku UMKM yang target pasarnya masih lokal, sebaiknya menggunakan web hosting yang berada di wilayah Indonesia. Ketiga, menyediakan layanan backup data, sehingga jika terjadi sesuatu dengan website klien, maka datanya bisa dikembalikan lagi seperti semula. Dan yang keempat adalah memastikan jika kapasitas penyimpanannya besar.

“Salah satu penyedia jasa web hosting yang memberikan semua itu adalah Rackrock.co.id. Unlimited Web Hosting Indonesia. Kami memberikan solusi layanan bisnis premium dengan harga yang sangat terjangkau,” kata Danang.