Covid-19 Berisiko Perparah Kondisi Penderita Gangguan Jantung

Arbi
Covid-19 Berisiko Perparah Kondisi Penderita Gangguan Jantung
Tim Siloam Heart Institute (SHI), Siloam Hospital Kebon Jeruk. (Ist)

Jakarta, HanTer - Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir seluruh aspek kehidupan termasuk di bidang kesehatan, baik dari sisi pasien maupun pelayanan kesehatan.

Seseorang dengan penyakit kardiovaskular, seperti gangguan jantung, bukan hanya berisiko lebih parah ketika terkena Covid-19, namun juga berisiko dari penyakit kardiovaskular karena ia takut mencari perawatan ke rumah sakit.

World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia 2020 mengangkat tema Use Heart to Beat Cardiovascular Disease di mana mengingatkan setiap orang untuk mengambil bagian dengan sungguh–sungguh untuk memerangi penyakit ini. Usaha–usaha ini dilakukan melalui gaya hidup sehat, skrining dini, hingga mencari treatment yang tepat.

Paradigma-paradigma yang selama ini ada di masyarakat adalah dokter, tenaga medis dan alat-alat canggih di ruang tindakan yang mampu menyembuhkan pasien dengan berbagai keluhan jantung. Namun, Siloam Heart Institute (Siloam Hospitals Kebon Jeruk) justru membuat perspektif yang berbeda, yaitu bertindak sebagai “advisor” dan pasien sebagai “hero”.

“Kami disini membantu mengarahkan dengan kompetensi dan empati, sedangkan pasien sendirilah yang akhirnya memilih dan menentukan bagaimana cara bisa hidup berkualitas kembali” jelas dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Heart Institute, dr. Antono Sutandar,Sp.JP-K, dalam temu media secara daring, Senin (28/9/2020).

Tentunya kerja tim antara pasien dan Rumah Sakit harus selalu didukung oleh tim multidisiplin dengan teknologi yang terkini untuk dapat menghadirkan layanan komprehensif. Tim kami dapat menangani kasus-kasus jantung seperti pemasangan ring, LAA Closure, Ablasi, CABG, penggantian katup baik melalui pembedahan maupun melalui kateter, berbagai kasus jantung anak, dan tindakan–tindakan jantung lainnya.

“Jika Anda memerlukan pelayanan medis lanjutan, janganlah menunda. Di Siloam Hospitals Kebon Jeruk serangkaian protokol kesehatan dilakukan untuk memastikan keselamatan Anda dan kami,” terang pimpinan Siloam Heart Institute (SHI), dr. Maizul Anwar, Sp.BTKV.

Tahun ini bukan tahun yang mudah bagi setiap orang, namun tim multidisiplin Siloam Heart Institue (Siloam Hospitals Kebon Jeruk) terus berkomitmen untuk menjadi advisor membantu pasien untuk berjuang memiliki jantung yang sehat. “Kami juga terus mengajak setiap individu untuk menjadi Hero untuk kesehatan jantung diri sendiri dan orang – orang di sekitarnya,” katanya.

#siloam   #shi