Hilangkan Stigma Negatif, Komunitas Bikers Indonesia Deklarasi Anti-Narkoba 

Romi
Hilangkan Stigma Negatif, Komunitas Bikers Indonesia Deklarasi Anti-Narkoba 
Bikers hilangkan stigma negatif/ ist

Jakarta, HanTer - Citra negatif yang sudah melekat pada komunitas anak motor atau bikers di kalangan masyarakat, yang kerap kebut-kebutan hingga penyalahgunaan narkoba dan minuman keras (miras). 

Untuk merubah pandangan buruk masyarakat itu, komunitas Bikers Indonesia menggelar Deklarasi Anti Narkoba dan minuman keras, bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun pertama Riders Happy Family (RHF). 

"Sengaja kita libatkan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda, agar teman-teman komunitas juga mempunyai perhatian, untuk bersama menolak narkoba. Karena ancaman narkoba luar biasa," kata Dwi Haryadi ketua panitia di Cisarua Bogor Minggu lalu.

Menurut Dwi ada 186 perwakilan komunitas biker yang hadir dari berbagi daerah dan menyatakan siap menjadi pelopor anti narkoba bagi para bikers.

"Alhamdulillah antusias para bikers sangat luar biasa acara deklarasi anti narkoba ini di hadir oleh 186 komunitas yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Pemalang, Karawang, Kalimantan dan mereka menyatakan siap menjadi pelopor anti narkoba bagi para bikers. Dengan menanda tangani spanduk deklarasi," terang Dwi. 

Perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) Murdiono mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh para komunitas bikers tersebut. Pihaknya berharap kedepan semakin banyak lagi komunitas bikers, yang berkomitmen untuk mencegah narkoba, serta muncul ide kreatif untuk mengkampanyekan anti narkoba.

"Ini langkah nyata dari komunitas bikers yang selama ini dinilai negatif. Langkah positif yang digagas ini, semoga mampu merubah image yang selama ini sudah terlanjur negaif," tegasnya.

Sementara pembina Riders Happy Family AKP Agus Yulianto SE, MM sangat mengapresiasi langkah Bikers Indonesia yang telah mendeklarasikan Bikers Anti Narkoba, dan berharap para bikers terus turut andil dalam pemberantasan narkoba.

"Saya mengapresiasi pernyataan Bikers Indonesia atas peran serta dan kepedulian dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang telah ditujukkan, dan berharap hal ini dapat ditindaklanjuti melalui aksi nyata mengingat masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang dapat mengancam kehidupan kita kapan pun dan di mana pun," ujar AKP Agus.

Menurut AKP Agus, narkoba sangatlah berbahaya yang kini menyerang Indonesia. Indonesia, tidak lagi jajah menggunakan senjata, tapi dijajah dalam bentuk narkoba yang dapat merusak mental dan menghancurkan kehidupan seseorang. 

'Sehebat apapun pemerintah mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, namun jika tidak didukung oleh masyarakat, maka peredaran barang haram itu tetap berjalan, masuk ke tengah-tengah masyarakat. Makanya masyarakat harus bersama untuk menjauhi narkoba," imbuhnya