Yoseph Simarmata Jadi Pebisnis Muda Berkat Program Magang IM Japan

Safari
Yoseph Simarmata Jadi Pebisnis Muda Berkat Program Magang IM Japan
Yoseph Simarmata

Jakarta, HanTer - Yoseph Simarmata merupakan seorang pebisnis yang bergerak di bidang digital yaitu YRS Media, yang berkonsentrasi lewat platform Instagram dan Facebook. Hebatnya, pria asal Medan ini menjalankan bisnisnya seorang diri.

Kesuksesan yang ia raih ini berkat program magang di Jepang yang diadakan oleh Kemenker yakni IM Japan. Yoseph Simarmata, bertolak ke Jepang pada 2019 hingga saat ini masih mengikuti program magang tersebut. Penghasilan selama 1,5 tahun dari mengikuti program IM Japan itu ia gunakan untuk membangun bisnis YRS Media di Indonesia.

Melihat perkembangan di dunia digital semakin pesat, Yoseph memanfaatkan peluang dengan membuka bisnis di dunia digital. Sekarang ini, lebih banyak aktivitas dilakukan melalui digital. Kegiatan pemasaran atau promosi dan jual beli lebih banyak fokus dilakukan lewat digital. Keputusannya itu juga didukung pengalamannya sebagai blogger.

Ia menggeluti dunia blogger sejak 2014. Dari bermain blogger, ia mendapat penghasilan dari Google adSense. Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih prestasi sebagai juara blogger tingkat kota dan provinsi yang diadakan oleh Kemendikbud dalam ajang Ki Hajar Dewantara. Maka, keputusan yang ia ambil menjadi pebisnis di dunia digital tidak keliru.

Kesuksesan yang diraih pria kelahiran 1996 ini tentu saja tidak mudah, ia telah melewati sepak terjang pencarian yang tak  mudah. Yoseph Simarmata terpaksa meninggalkan pendidikannya di salah satu universitas di Medan karena masalah internal. Ia mau tak mau harus selesai hanya sampai di semester tiga saja. Kejadian ini sempat membuat Yoseph Simarmata down.

Sejak berhenti kuliah ia merasa frustasi karena tak kunjung mendapat pekerjaan selama kurang lebih satu tahun. Yoseph merasa menjadi orang gagal dan masa depan terlihat sangat jauh di depan. Beruntung, sisa-sisa semangat yang ia miliki membuatnya bertahan.

"Setelah berhenti kuliah, saya menganggur lebih dari satu tahun dan merasa frustasi karena gagal dalam meraih masa depan. Tapi saya nggak tinggal diam. Saya tetap berusaha semaksimal mungkin karena saya ingin sukses," kata Yoseph Simarmata.

Pada tahun 2018, Yoseph mendapat informasi mengenai program magang IM Japan dari salah satu tetangganya. Tak mau kehilangan kesempatan, ia akhirnya mengikuti seleksi program tersebut. Berkat semangat dan dukungan orangtua serta restu Tuhan, ia berhasil lolos hanya dengan satu kali seleksi saja.

"Saya dikasih tahu salah satu tetangga kalau ada program magang IM Japan, langsung saya daftar. Puji Tuhan, dengan semangat dan dukungan orangtua saya lolos sekali seleksi. Lalu saya mengikuti pelatihan terpusat selama kurang lebih empat bulan dan langsung berangkat ke Jepang," ujarnya.

Pasang surut dalam berbisnis tentu saja dirasakan Yoseph Simarmata. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Ia sempat merasa putus asa menlanjutkan bisnisnya. Namun lagi-lagi karena tekadnya yang kuat, ia mampu mempertahankan bisnisnya.

Dari bisnis YRS Media ini, Yoseph Simarmata berhasil meraup penghasilan hingga puluhan juta perbulannya. Kini, ia menjadi pebisnis muda meski hanya lulusan SMA.