Creative Learning For The Bright Future, USAHID Gelar OSMARU Daring

Anugrah
Creative Learning For The Bright Future, USAHID Gelar OSMARU Daring
Rektor USAHID, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom memberikan sambutannya secara daring pada OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) secara daring pada Selasa-Rabu, 22-23 September 2020.

Jakarta, HanTer - Dalam situasi pandemi covid-19, USAHID kembali menggelar OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) secara daring pada Selasa-Rabu, 22-23 September 2020 pukul 10.00-14.30 WIB, yang merupakan puncak dari rangkaian acara Pra OSMARU yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada bulan Juni dan Agustus 2020. 

Acara menyambut mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2020/2021 ini diikuti oleh sekitar 900 mahasiswa baru dari 5 fakultas (D3-S1) yaitu fakultas teknik, fakultas ekonomi & bisnis, fakultas ilmu komunikasi, fakultas hukum dan fakultas teknologi pangan kesehatan serta S2 dan S3 magister manajemen, magister ilmu komunikasi dan doktor ilmu komunikasi pascasarjana USAHID. 

Pembukaan acara OSMARU dihadiri Rektor, para Wakil Rektor dan para Direktur. Rektor USAHID, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom dalam sambutannya menyatakan melalui OSMARU secara daring ini mahasiswa baru dapat mulai beradaptasi dan mendapat penjelasan (sosialisasi)  mengenai metode pembelajaran distance learning yang menggunakan platform Edlink, sehingga mahasiswa dapat melakukan perkuliahan secara baik dan lancar yang akan dimulai pada 28 September 2020. 

"OSMARU juga mempersiapkan mahasiswa baru agar memiliki motivasi, mental, pikiran dan mencapai seluruh proses perkuliahan secara optimal yang dituangkan dalam rencana strategis perkuliahan. Sehingga mahasiswa dapat lulus menjadi sarjana secara tepat waktu dengan kompetensi yang baik," ujar Prof. Kholil.

Mendikbud Nadiem Makarim, memberikan sambutan melalui rekaman video mengatakan, adanya pandemi juga memberikan hikmah pembelajaran bagi mahasiswa. 

Turut memberikan sambutan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET, yang sekaligus membuka secara resmi OSMARU dirangkaikan dengan pemakaian jaket almamater secara simbolis kepada 1 orang perwakilan mahasiswa baru. 

Prof. Dr. Nugroho Sukamdani menyatakan bahwa salah satu tujuan OSMARU adalah menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring, mahasiswa masih bisa belajar, berkarya, beraktivitas, dan berkreativitas dengan baik.

"Di era industri 4.0 dan society 5.0, pembelajaran berbasis teknologi menjadi sesuatu yang harus dikembangkan. Oleh karena itu mahasiswa baru perlu beradaptasi dengan kondisi tersebut dan mampu menjadi pribadi yang mandiri, serta menciptakan banyak peluang untuk berkarya di tengah permasalahan yang nyata di masyarakat," kata Prof. Nugroho.

Tidak hanya itu, sambutan hangat bagi mahasiswa baru juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia - Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.BA. Melalui rekaman video, Mendikbud mengatakan bahwa adanya pandemi juga memberikan hikmah pembelajaran bagi mahasiswa. Kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi semua pihak, di samping menguatkan implementasi adaptasi kebiasaan baru. 

Menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru. Membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi dengan meneruskan pembelajaran dari Ki Hajar Dewantara.

Pembekalan Wawasan Kebangsaan dengan tema Menjadi Generasi Penerus yang Tangguh dan Adaftif di Era Milenial,  juga disampaikan Gubernur AKMIL - Mayjen TNI Totok Imam S, SIP, SSos,M.T.(Han), yang merupakan mahasiswa program Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID. 

Mayjen TNI Totok Imam menyatakan bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan social, harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, membentuk karakter bangsa yang memiliki rasa nasionalisme serta berwawasan kebangsaan. Sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus mampu mensinergikan seluruh potensi bangsa agar sadar tentang hak dan kewajibannya. 

Khususnya dalam membela negara dan berbuat yang terbaik melalui gerakan mahasiswa yang bermoral, santun, dan terencana,

Pesan kepada mahasiswa baru juga disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah III – Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dan Muhammad Khalim, STP, MM – Dekan BNI Corporate University. 

Mengutip John Quincy Adams, Muhammad Khalim dalam paparannya yang mengambil tema menjadi generasi unggul yang professional dan berkarakter menyatakan bahwa Jika tindakan kita menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih baik, kita adalah seorang pemimpin. 

"Menjadi pemimpin masa depan melalui proses belajar, tumbuh dan berkembang. Calon pemimpin harus memiliki karakter moral yang baik seperti jujur, takwa, rendah hati, ulet, pekerja keras dan tangguh. Memiliki kompetensi seperti berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Serta memiliki literasi pengetahuan seperti budaya, teknologi, keuangan dll," ujar Muhammad Khalim.

Pengenalan fakultas dilakukan melalui rekaman video mengenai pemaparan visi misi tiap fakultas, program studi, pengenalan jajaran structural, dosen, BEM & HMP fakultas, system informasi akademik (edlink), kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Dilakukan juga diskusi tanya jawab dengan para mahasiswa baru masing2 fakultas.

Pola Ilmiah Pokok (PIP) Usahid yaitu Pariwisata dan Kewirausahaan juga disampaikan kepada mahasiswa baru pada OSMARU hari ke 2, Rabu 23 September 2020. Pengantar PIP Usahid oleh Kania Ratnasari,ST,MBA dilanjutkan dengan penyampaian video aktivitas Pariwisata & Kewirausahaan dan di bahas dalam sharing session oleh Nurdiyansah Dalidjo,SKom MM. Video/info grafis Overview Pariwisata disampaikan oleh Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Usahid. Guna membentuk karakter mahasiswa baru agar ketika lulus memiliki karakter berwirausaha, ditampilkan Video/infografis tentang kewirausahaan oleh Soecahyadi, ST, MT – Dosen Fakultas Teknik Usahid. 

Selain pengenalan PIP, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan organisasi kemahasiswaan Usahid melalui pemutaran video kegiatan organisasi kemahasiswaan (ormawa), yang dilanjutkan dengan Overview Pembinaan Kemahasiswaan  di Usahid oleh Direktorat KPKA (Kemahasiswaan Pengembangan Karakter & Alumni). Mahasiswa baru juga diberi kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan selama OSMARU. 

Di akhir acara diumumkan pemenang lomba-lomba twibbon, tik tok, short essay, unboxing challenge dan diberikan hadiah yang menarik.

Dalam Penutupan OSMARU Rektor Usahid – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom mengharapkan, mahasiswa baru dapat belajar, bekerja, dan berkarya di berbagai bidang serta dapat menjadi agen perubahan & penggerak menghadapi berbagai permasalahan bangsa dan negara. Selamat belajar dan berkarya kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Sahid Jakarta.