Jangan Sepelekan, Cedera Tulang dan Otot Perlu Penanganan Tepat

Arbi
Jangan Sepelekan, Cedera Tulang dan Otot Perlu Penanganan Tepat
Tim Klinik Sports, Shoulder, Spine, & Foot & Ankle Clinic, Siloam Hospital Kebon Jeruk. (Kanan-Kiri): dr. Carles Siagian, Sp.OT dr. Henry Suhendra, Sp. OT dr. Erick Wonggokusumo, Sp.OT dr. Langga Sintong, Sp.OT

Jakarta, HanTer - Bergerak dengan bebas merupakan keinginan semua orang dari segala usia. Sayangnya, fakta menunjukkan bahwa setelah melewati usia 45 tahun tulang berisiko mengalami gangguan yang akan membatasi aktivitas.

“Sebagian besar dari kondisi tersebut seharusnya dapat diatasi jika pasien mendapatkan penanganan ortopedi yang tepat,” jelas Ketua Sports, Shoulder, Spine, & Foot & Ankle Clinic, Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr. Henry Suhendra, Sp.OT dalam webinar di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Secara medis, ortopedi adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari studi, diagnosis, dan pengobatan terhadap berbagai gangguan muskuloskeletal (otot dan tulang).  Keilmuan ortopedi juga mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan alat gerak manusia dari leher sampai ujung jari kaki.

Untuk menjawab kebutuhan akan penanganan ortopedi, khususnya gangguan dan perawatan sistem otot dan tulang, Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengembangkan klinik komprehensif dengan fokus khusus yaitu Sports, Shoulder, Spine, & Foot & Ankle Clinic.

“Kami sungguh berharap dengan hadirnya klinik khusus yang didukung oleh dokter- dokter spesialis dan sub spesialis yang berpengalaman di bidang ortopedi, dapat membantu pasien kembali melakukan aktivitas yang biasa mereka jalani,” ungkap dr. Henry.

Sports, Shoulder, Spine, & Foot & Ankle Clinic memiliki fokus pada otot dan tulang yang berhubungan dengan cedera olahraga, kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang. Penanganan cedera pada area tersebut diantaranya cedera ligamen, cedera bantalan sendi lutut, dislokasi sendi, maupun patah tulang dapat dilakukan melalui pemberian obat, fisioterapi, radiofrekuensi (prosedur untuk mengurangi nyeri dengan gelombang radio), hingga tindakan operasi yang kompleks.

Sementara itu, dokter spesialis ortopedi Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Langga Sintong, Sp.OT mengatakan saat ini Siloam Hospitals Kebon Jeruk menyediakan prosedur minimal invasif atau dikenal dengan teknik bedah laparoskopi yang diterapkan untuk menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah foot & ankle.

Salah satunya adalah artroskopi (prosedur untuk mendiagnosis dan menangani sejumlah gangguan sendi).

“Teknik bedah ini dilakukan oleh tim dokter spesialis dengan menggunakan peralatan laparoskopi canggih yang dimasukkan melalui 2-3 sayatan kecil seukuran pena, sehingga risiko infeksi lebih kecil dan penyembuhan lebih baik. Tidak hanya kasus operasi, metode lain seperti custom insole juga tersedia untuk kasus nonoperatif,” papar Langga.

Selain itu, Siloam Hospitals Kebon Jeruk juga tetap memastikan pasien mendapatkan penanganan cedera olahraga, kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang di masa pandemi ini secara maksimal.

“Di masa pandemi COVID-19 ini, kami tetap mengerjakan ratusan tindakan bedah sejak bulan Maret hingga saat ini. Tindakan bedah dilaksanakan dengan menjalankan protokol-protokol kesehatan secara aman dan tepat,” kata dokter spesialis ortopedi Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Erick Wonggokusuma, Sp.OT.

Erick melanjutkan, sebelum jadwal bedah diberikan kepada pasien, proses pemeriksaan COVID-19 akan dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu, hingga kini, tidak ada pasien terinfeksi COVID-19 selama menjalani perawatan ataupun pasca tindakan bedah di Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

 

#siloam   #otot   #tulang