Peduli Covid-19, Anna Mariana dan Ladies  Adhyaksa Angkatan 689 Gelar Baksos

Romi
Peduli Covid-19, Anna Mariana dan Ladies  Adhyaksa Angkatan 689 Gelar Baksos
Anna Mariana (no 3 dari kiri)/ ist

Jakarta, HanTer - Para istri Jaksa Adhyaksa Angkatan 689 (biasa disebut dengan nama Ladies 689) secara suka rela menggelar aksi solidaritas, untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid 19.  

Ladies 689 yang beranggota kurang lebih 200 orang dan diketuai * Prof. Dr. Hj. Anna Mariana, SH, MH. MBA* (Istri Jaksa Adhyaksa 689 H. Dr. Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha SH, MH, Msc) ini menyebut, bakti sosial (Baksos) telah diselenggarakan dalam 5 tahap pendistribusian; Pertama awal Maret, Kedua awal April,  Ketiga akhir April, Keempat, Senin 4 Mei 2020, Kelima  pada 6 Mei 2020. 

Di tahap pertama pelaksanaan baksos,  perwakilan yang turun ke lapangan untuk pendistribusian mewakili Ladies 689 adalah Ibu Lora Ginting Zukifli (bendahara) dan Ibu Heni Rosana Gani (sekertaris) dibantu beberapa tenaga dari pihak keluarga Kejaksaan.

Donasi berupa paket beras, vitamin dan lain-lain diperuntukan bagi pekerja (OB) di lingkungan Kejaksaan, juga tenaga pengaman dalam lingkungan Kejaksaan Agung RI, para tukang ojek, supir angkutan umum, pemulung sampah, tukang sapu jalanan,  yatim piatu dan fakir miskin di seputar Jabodetabek.

Donasi juga disalurkan kepada tenaga medis di beberapa rumah sakit, seperti RS. Adhyaksa Kejaksaan, RS Islam, RS Jakarta, RS Cikini, RS Depok, RS Pasar Rebo  juga beberapa Puskesmas di seputar Jabodetabek.

Pemberian donasi tahap ke 4 dilaksanakan di kediaman Anna Mariana di Kemang Ampera Jakarta Selatan. Hadir beberapa perwakilan pengurus dan beberapa anak yatim piatu mewakili Rumah Yatim Piatu dari kampung Citalingkup Bogor . 
Kegiatan Baksos Tahap 5 dilaksanakan pada Rabu 6 Mei 2020 di lingkungan Kejaksaan Agung RI. 

Saat penyerahan baksos tahap 5, bantuan berupa paket sembako dihadiri Ketua Ladies Adhyaksa angkatan 689,  Ibu Prof Dr. Anna Mariana SH , MH , MBA , bersama para  pengurus  Ladies Adhyaksa Angkatan 689  yakni  Ibu  Eva Toni Spontana,  Vita Adityawarman,  Ibu Lora Ginting Zulkifli,   Ibu Heni Rosana Gani dan ada beberapa nama lain. 

“Hari ini, kami memberikan donasi kepada para sekuriti atau tenaga Keamanan Dalam (Kamdal) dan tenaga pelayan dalam di seluruh Kejaksaan  Agung  RI,” kata Anna sambil menyerahkan  bantuan. 

“Kami bergotong royong mengumpulkan donasi, berupa uang dan barang sembako.  Donasi uang terkumpul sekitar Rp 200 juta,” ungkap Anna Mariana.

Menurut Anna, pemberlakuan social distancing, dan physical distancing lantaran merebaknya pandemic Covid 19, telah membatasi ruang gerak masyarakat.  Dan mengakibatkan masyarakat tidak dapat beraktivitas di luar rumah, kondisi ini berdampak negatif, karena pendapatan mereka langsung menurun drastis dan sangat berkurang, bahkan banyak yang tidak lagi mendapat penghasilan. 

Kegiatan  baksos Ladies 689 dilakukan, "sebagai wujud kepedulian kepada sesama dan bersatu dalam melawan Pandemi Covid 19 yang telah menjadi bencana dunia," ujar Anna selaku Ketua Koordinasi dalam Kegiatan Baksos ini. 

Seluruh rangkaian Baksos ini dapat terlaksana berkat dukung dari seluruh Adhyaksa Angkatan 689 yang diketuai  Ibu Dr. Tanti Manurung SH.

Anna menyebut, paket sembako yang diberikan pada mereka yang membutuhkan agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. 

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara kami dalam menyambung tali silahturahmi antar sesama Adhyaksa Angkatan 689 beserta semua Ladies 689, sekaligus dalam rangka  membangun rasa keperdulian kami  dalam membantu meringankan beban ekonomi yang dialami saudara kita akibat pandemi covid 19 ,” ungkap Anna yang berprofesi sebagai Konsultan dan Pakar Hukum Pidana, juga Perancang Busana ternama sekaligus Pelopor Putera Puteri Tenun Songket  Indonesia ini.