Dahsyat, Banjir Bandang Terjang Deli Serdang

Ant

 

Medan, HanTer – Tak disangka, banjir bandang melanda kawasan bantaran Sungai Sibiru-biru di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (14/4) malam dan menyebabkan seorang meninggal dunia.
Dikutip dari Antara, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung dalam penjelasan tertulis yang disampaikan di Medan mengatakan banjir itu menghanyutkan dua orang pekerja bendungan dan satu orang pemancing.
"Setelah dilakukan pencarian dan pertolongan oleh tim gabungan SAR dan Satgas BPBD dan juga masyarakat setempat, dua orang berhasil ditemukan, satu di antaranya meninggal dunia," katanya, Rabu (15/4/2020).
Adapun korban meninggal dunia itu yakni Mesias Tarigan Silangit (50). Korban ditemukan di pinggir sungai Gang Bandrek Pasar IV, Patumbak, Kecamatan Patumbak.
Sementara korban selamat dan sudah dirawat di Rumah Sakit Sembiring yakni Riki (23), yang mengalami luka di bagian kepala dan tidak sanggup berdiri. "Korban yang belum ditemukan yakni Roy Saputra Bangun (20)," katanya.
Hingga berita ini dilaporkan pukul 22.45 WIB,  tim gabungan masih melakukan pengamatan bersama masyarakat terhadap objek yang diduga tempat korban yang belum ditemukan berada.
"Pencarian akan dilanjutkan besok pagi," demikian  Zainal Abidin Hutagalung.
6 Kelurahan Ditutup
Di tempat lain, pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur, beserta enam kelurahan setempat untuk sementara ditutup mulai Rabu ini hingga 28 April mendatang akibat salah satu pegawai negeri sipil (PNS) yang biasa beraktivitas di kantor kecamatan meninggal dunia diduga positif COVID-19.
"Kami menutup sementara pelayanan di Kecamatan Tandes dan enam Kelurahan yang ada di sana. Ini sesuai protokol kesehatan yang berlaku," kata Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M. Fikser saat dihubungi wartawan di Surabaya, Rabu.
Diketahui di Kecamatan Tandes terdapat enam kelurahan meiliputi Kelurahan Tandes, Kelurahan Karang Poh, Kelurahan Balongsari, Kelurahan Manukan Wetan, Kelurahan Manukan Kulon dan Kelurahan Banjar Sugihan.
Penutupan tersebut juga sesuai surat pemberitahuan dari kantor Kecamatan Tandes Nomer 475/535/436.9.14/2020. Dalam surat pemberitahuan yang dikirim ke ketua LPMK, RW dan RT se Kecamatan Tandes disebutkan bahwa mulai tanggal 15-18 April 2020 seluruh kantor kelurahan dan Kantor Kecamatan Tandes untuk sementara ditutup.
Sedangkan untuk pelayanan pengurusan surat dapat dilakukan via daring dengan laman resmi Dispendukcapil Surabaya http://ssw.surabaya.go.id/anjungan dan dapat dilakukan di rumah masing-masing.