Cegah Wabah Corona, Ketua DPR RI Imbau Masyarakat Harus Bersatu 

romi
Cegah Wabah Corona, Ketua DPR RI Imbau Masyarakat Harus Bersatu 
Ketua DPR RI, Puan Maharani/ ist

Jakarta, HanTer – Virus corona atau Covid-19 bukan hanya melanda negara lain, tapi Indonesia pun mulai terdampak. Perlahan tapi pasti jumlah yang terjangkit terus meningkat, bahkan yang meninggal dunia tercatat ada belasan orang.

Jelas ini membuat Ketua DPR RI, Puan Maharani merasa prihatin. Ia pun mengajak masyarakat untuk waspada menghadapi virus mematikan ini. 

“DPR terus mendukung upaya para dokter dan tenaga medis lain yang bekerja di garis depan penanggulangan wabah Corona. Karena itu, saya meminta masyarakat ikut meringankan beban mereka dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan secara mandiri,” katanya, di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Puan menambahkan, hal yang harus dilakukan adalah rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, makan makanan bergizi dan mengonsumsi vitamin tambahan. “Selain itu rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar,” ungkapnya. 

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat bersikap positif dan bergotong royong mengatasi pandemi ini.  Sebab penanggulangan wabah Corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak; pemerintah, tni, polri, masyarakat, dan swasta.

“Intinya masyarakat mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan mematuhi protokol penanganan wabah,” jelasnya.

Ia juga mendorong pihak swasta ikut mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan. Gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai bisa difungsikan sebagai rumah sakit sementara. 

“Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, saya mengimbau, sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona,” tambahnya. 
 

#Wabah   #Corona   #Puan