Kasian Banget, Enam Warga Grobogan Tewas Tenggelam  

Ant

 

Semarang, HanTer – Kasian banget, sebanyak enam orang warga ditemukan tewas tenggelam di genangan air bekas galian golongan C di Dusun Sobotuwo, Desa Kronggen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Senin (9/3/2020). Para korban diketahui warga Pondok Pesantren Putri Al-Latthifiyyah.
Keenam korban tersebut, antara lain, KH Wahyudi (61), Shofa Lulu’ul Maknun (17), Susi Susanti (18), Nazila (13), Lina (17), dan Istiroqin (13).
Menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar F Sutisna peristiwa nahas yang menimpa warga Pondok Pesantren Putri Al-Latthifiyyah tersebut terjadi saat mereka baru selesai memetik sayur. Mereka kemudian bermain air di bekas kubangan galian C tersebut.
“Informasinya usai melakukan ramban atau petik sayur,” katanya.
Ditambahkan Iskandar, sejauh ini dugaan awal ada korban yang terpeleset hingga jatuh ke air. Kemudian warga lainnya berusaha menolong. Nahas, mereka justru ikut tercebur di kubangan tersebut.
Sedangkan berdasarkan informasi awal saat kejadian, ada delapan orang yang ikut dalam kegiatan tersebut. Namun, enam korban meninggal dunia sedangkan dua orang lainnya berhasil selamat.
Diterjang Langkisau
Di lokasi berbeda, sebanyak 14 rumah warga di Kelurahan Ngampin, Kecamatan Ambarawa, dan Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, serta satu SPBU milik PT. Pertamina rusak diterjang angin langkisau yang terjadi pada Ahad (8/3/2020) siang.
Dikutip dari Antara, Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto saat dikonfirmasi melalui telepon mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi hanya beberapa menit tersebut.
"Korban jiwa nihil, warga yang luka-luka hanya beberapa orang," katanya.
Ia menyebut daerah yang terdampak angin langkisau ada di Kelurahan Gondoriyo, dimana rumah warga setempat rata-rata mengalami kerusakan di bagian atap.
"Sebagian rumah rusak akibat tertimpa pohon sengon yang roboh diterjang angin puting beliung," ujarnya.
Hingga saat ini, jajaran BPBD Kabupaten Semarang masih terus melakukan pendataan kerusakan terkait dengan bencana angin langkisau.
Sejumlah warga juga terlihat melakukan perbaikan darurat pada bagian atap rumahnya yang rusak.
Selain belasan rumah rusak, angin langkisau juga merusak bangunan SPBU 44.507.16 yang terletak di Jalan Raya Bawen-Pingit KM.41.5, Kabupaten Semarang.
Akibat terjangan angin langkisau, beberapa bagian SPBU rusak parah sehingga pelayanan terhadap konsumen terpaksa dihentikan sementara.
Video rekaman dari warga yang memperlihatkan kedahsyatan angin langkisau saat menerjang SPBU Ngampin viral di media sosial.