Di Garut 3 Rumah Rusak, 1 Terancam Longsor

Ant


Garut, HanTer – Akhirnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyebutkan, tiga rumah rusak akibat terdampak longsor dan tertimpa pohon setelah angin kencang menerjang Kecamatan Samarang dan Bungbulamg, Garut, Jumat (6/3/2020).
"Ada tiga rumah yang rusak, dan satu terancam longsor," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan di Garut, kemarin.
Dikutip dari Antara, ia menuturkan bencana alam tanah longsor dan angin kencang yang terjadi, Kamis (5/3) tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materi akibat kerusakan bangunan rumah.
Ia menyebutkan, dua rumah warga yang rusak tertimpa pohon akibat angin kencang terjadi di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, dan satu rumah rusak tertimbun longsor di Kampung Ciwedang, Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi.
"Pemilik rumah yang rumahnya tertimpa longsor maupun terancam di Pasirwangi sementara diungsikan ke rumah tetangga," katanya.
Ia menyampaikan, laporan yang diterima BPBD Garut terdapat 11 kecamatan yang dilanda bencana alam longsor dan angin kencang.
Ia menyebutkan, daerah yang dilanda angin kencang menyebabkan pohon roboh dan menimpa bangunan rumah maupun jalan raya, selanjutnya bencana longsor menimbun rumah.
"Angin kencang itu menyebabkan banyak pohon roboh lalu menimpa rumah, jalan, hingga fasilitas umum," katanya.
Daerah yang dilanda bencana longsor, kata Tubagus, akibat curah hujan yang tinggi kemudian kondisi tanah labil dan minimnya pohon tegakan di lokasi longsor.
Ia menambahkan, longsor juga menimpa bangunan sekolah di Kecamatan Pamulihan, akibatnya sekolah tersebut tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.