Bentuk Satgas, IDI Imbau Pemerintah Perluas Skrinning COVID-19

Arbi/Ant
Bentuk Satgas, IDI Imbau Pemerintah Perluas Skrinning COVID-19
Foto: Antara

Jakarta, HanTer - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membentuk Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan COVID-19. Salah satu rekomendasi dari Satgas yakni merekomendasikan kepada pemerintah untuk memperluas skrining terhadap penyakit tersebut. 

Ketua Satgas COVID-19 Prof dr Zubairi Djoerban Sp.PD  mengatakan pemerintah harus menskrining lebih banyak orang yang masuk ke Indonesia dari negara manapun dan tidak hanya negara yang memiliki kasus positif COVID-19.

"Walaupun sebagian besar kasus menunjukkan hasil pemeriksaan yang negatif, namun dengan munculnya dua kasus yang positif pada tanggal 2 Maret 2020, menimbulkan kewaspadaan yang tinggi," kata dia, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

IDI merekomendasikan agar pemerintah memperluas skrining di bandara atau pelabuhan untuk seluruh penumpang pesawat dan kapal yang berasal dari luar negeri, tidak terbatas hanya pada negara terjangkit saja.

"Bila terdapat demam, sebaiknya dilakukan swab tenggorok atau pemeriksaan sputum atau dahak tanpa menunggu bukti terdapat pneumonia pada foto toraks untuk dilakukan pemeriksaan coronavirus dengan PCR," kata Prof Zubairi.

Selain itu IDI juga merekomendasikan pemerintah agar terus memberikan edukasi tentang COVlD-19 dan pencegahannya secara reguler melalui media massa. Selain itu juga memastikan edukasi dilakukan di seluruh instansi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten-kota, kecamatan, sekolah, dan universitas di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

Pemerintah juga dianjurkan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai COVID 19 dari mulai definisi, gejala, dan pemeriksaan yang dapat dilakukan. Sehingga masyarakat secara sukarela memeriksakan diri apabila terjadi gejala klinis.

IDI juga mengimbau pemerintah untuk terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat tentang situasi terkait COVID 19 secara reguler dengan lebih transparan, serta memberikan klarifikasi terhadap hoaks yang tersebar untuk meredam keresahan masyarakat.

#Idi   #satgas   #corona