Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Penyambung Umat Kepada Nabi Muhammad

Anugrah
Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Penyambung Umat Kepada Nabi Muhammad
Al-Habib Al-Imam Al-Allamah Ali bin Muhammad bin Husin Al-Habsyi?

Jakarta, HanTer - Siapa yang tidak kenal Al-Habib Al-Imam Al-Allamah Ali bin Muhammad bin Husin Al-Habsyi? Ulama besar yang dilahirkan pada hari Jum’at 24 Syawal 1259 H di Qasam, sebuah kota di negeri Hadhramaut, Yaman adalah penulis Kitab Maulid Simthudduror yang fenomenal.

Habib Ali dibesarkan di bawah asuhan dan pengawasan kedua orang tuanya; ayahandanya, Al-Imam Al-Arif Billah Muhammad bin Husin bin Abdullah Al-Habsyi dan ibundanya; As-Syarifah Alawiyyah binti Husain bin Ahmad Al-Hadi Al-Jufri, yang pada masa itu terkenal sebagai seorang wanita yang solihah yang amat bijaksana.

Pembina Majelis Nurul Musthofa Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf mengatakan, kitab Maulid Simthudduror karya Al Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi sangat fenomenal dan dikenal di Indonesia.

''Semakin hari, makin banyak orang yang jatuh cinta dengan kitab maulid ini. Di Indonesia jutaan orang setiap harinya membaca Kitab ini. Ringkasan sejarah Nabi Muhammad SAW yang difokuskan dari masa sebelum dilahirkannya Rasulullah, masa kecil, perjalanan hidup hingga ketika diutus olleh Allah SWT, termasuk pembahasan tentang Isra’ Mi’raj menambah kita makin jatuh cinta kepada Nabi Muhammad SAW,'' ujar Habib Hasan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/12/2019).

Habib Hasan menambahkan, Majelis Nurul Musthofa adalah salah satu majelis yang rutin membaca kitab maulid Simthudurror sejak mulai berdiri pada tahun 1996 dari 30 orang murid.

''Sampai sekarang hampir 24 tahun Majelis Nurul Musthofa berdiri, Alhamdulillah sudah menjadi salah satu majelis terbesar di Indonesia yang mempunyai ratusan ribu jamaah yang tersebar di seluruh Indonesia, Singapura dan Malaysia,'' pungkas Habib.