Kolaborasi Confidence dan IDI Sepakat Jaga Kebersihan Lansia Indonesia 

romi
Kolaborasi Confidence dan IDI Sepakat Jaga Kebersihan Lansia Indonesia 
Kolabirasi Confidence & IDI/ ist

Jakarta, HanTer – Usia senja terkadang membuat seseorang sangat lamban melakukan aktivitas. Bukan itu saja, para lansia juga mengalami masalah kesehatan kronik, disabilitas, dan masalah kesehatan mental. 

Masalah kesehatan yang umum terjadi dan membuat stres yang seringkali mengikuti masalah kesehatan kronik pada lansia adalah inkontinensia urin atau ketidakmampuan menahan urin sehingga mengompol. 

Oleh karenanya, popok Dewasa Confidence dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mewujudkan kampanye kesehatan untuk menjaga kerbersihan lansia Indonesia dengan cara rutin ganti popok. 

Dengan mengganti popok dewasa secara rutin dan teratur dalam sehari akan meningkatkan kesehatan fisik lansia dan mempersempit kemungkinan terkena iritasi. Dengan menjaga kebersihan lansia dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia, salah satunya dalam hal penggunaan popok dewasa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan di siang dan malam hari.

“Peran keluarga dan masyarakat juga menjadi faktor sangat penting untuk dapat menjaga kebersihan lansia. Dengan kerjasama yang kami lakukan bersama Ikatan Dokter Indonesia ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lupa memberikan pendampingan  penuh kepada lansia di siang dan malam hari, memberi asupan makanan sehat dan tentunya penting diketahui untuk rutin mengganti popok untuk tetap menjaga kebersihan tubuh,” kata Head of Marketing Confidence Adult Care, Nirma Sofiawati, di Jakarta, seperti keterangan diterima Harian Terbit, Kamis (28/11/2019).

Dikatakan NIrma, Confidence bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengkampanyekan untuk menjaga kebersihan hidup lansia dengan rutin mengganti popok. “Popok yang cocok yaitu Confidence Day & Night dengan konsep popok perekat khusus untuk siang dan malam, sehingga pengguna nyaman 24 jam,” tambahnya.

Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia, dr. Daeng M. Faqih, SH, MH menjelaskan sangat mudah untuk menjaga kebersihan lansia yang dapat menghasilkan peningkatan kualitas hidup lansia, hanya membutuhkan komitmen yang teguh dari pendamping untuk memberikan perhatian maksimal seharian.

“Dari tahun 2015-2020, populasi masyarakat dengan usia di atas 60 tahun akan meningkat 2 kali lipat dari 12% menjadi 22% dan sebagian besar ada di negara berkembang, seperti Indonesia. Tapi sayangnya masih sedikit sekali lansia yang memiliki tingkat kesehatan yang baik. Berbagai negara masih terus bergulat untuk mengusahakan kesehatan yang baik untuk populasi lansia. Untuk itu, IDI ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat mengenai pentingnya menjadi lansia yang sehat, secara fisik dan mental, salah satunya dengan memelihara kesehatan dan kebersihan fisik lansia, termasuk pada mereka yang telah memiliki gangguan kesehatan. Salah satu contohnya adalah penggantian popok secara rutin pada lansia dengan inkontinensia urin. Dengan menjaga kebersihan maka lansia dengan inkontinensia urin dapat terhindar dari stres dan depresi, komplikasi pada kulit, atau perasaan tidak berdaya dan terkucil,” katanya.