Gempa Magnitudo 6,1 Melanda Tambrauw 

Ant

Sorong, HanTer – Tak disangka, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Sabtu, pukul 21:11 WIT tidak dirasakan oleh masyarakat setempat.
Korinus Yesnat warga pesisir Sausapor Kabupaten Tambrauw yang dihubungi dari Sorong pukul 22.00 WIT, mengatakan bahwa tidak merasakan guncangan gempa bumi tersebut.
Dikutip dari Antara, hal senada juga dikatakan oleh Dely warga Distrik Fef kabupaten Tambrauw bahwa dirinya bersama keluarga bahkan tetangga di sekitarnya tidak merasakan guncangan gempa bumi tersebut.
"Kami mendapat informasi dari media sosial yang ramai diperbincangkan bahwa kabupaten Tambrauw diguncang gempa magnitudo 6,1 namun kami tidak merasakan getaran gempa tersebut," ujar Dely, Sabtu (23/11/2019).
Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Sorong menyebutkan bahwa gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 1.69 lintang Utara dan 132.90 bujur timur yang berjarak 280 km Timur Laut kabupaten Tambrauw dengan kedalaman 10 km.
Sesuai peta gempa tersebut tidak ada skala MMI sehingga tidak terasa sampai di dataran. Gempa bumi tersebut juga tidak berpotensi terjadinya tsunami di kabupaten Tambrauw.
Nias Kebagian Gempa 
Di tempat lain, gempa dengan magnitudo 5,1 terjadi di wilayah perairan Nias Selatan, Sumatera Utara pada Minggu, pukul 08.08 WIB.
Dikutip dari aplikasi InfoBMKG di Jakarta, Minggu, gempa terjadi pada pada jarak 168 kilometer dari Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 19 kilometer.
Gempa tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.
Gempa terjadi pada koordinat 0.94 derajat Lintang Selatan dan 97,73 derajat Bujur Timur.