BPK PENABUR Gelar Batik Carnival, Wujud Keberagaman Ekspresi Budaya

Anugrah
BPK PENABUR Gelar Batik Carnival, Wujud Keberagaman Ekspresi Budaya
Pelajar TKK & SDK Penabur Bintaro mengikuti kegiatan batik carnival di Jalan Boulevard Bintaro, Tangsel, Banten, Minggu (17/11/2019) pagi.

Banten, HanTer -- BPK PENABUR Jakarta menggelar The Power of Culture “Batik Carnival”. Agenda budaya ini memiliki tujuan selaras dengan Pekan Kebudayaan Nasional yang sebelumnya dilaksanakan pada 7-13 Oktober 2019 sebagai strategi pemajuan kebudayaan di Indonesia.

Acara diikuti oleh 890 peserta didik TKK dan SDK PENABUR Bintaro Jaya digelar Minggu, 17 November 2019, pukul 06.00 – 09.00 di Jalan Boulevard Bintaro (depan sekolah BPK PENABUR Bintaro Jaya), Kota Tangsel, Provinsi Banten.

Kepala Sekolah SDK PENABUR Bintaro Jaya, Joko Mulyono mengatakan “Batik Carnival” menyediakan ruang keberagaman ekspresi budaya anak Indonesia, yang selanjutnya diharapkan dapat mengajak masyarakat sekitar untuk bangga dan melestarikan batik sebagai budaya bangsa.

Tak hanya itu, acara ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta peserta didik dan masyarakat akan batik sebagai hasil budaya bangsa Indonesia perlu didukung oleh pemerintah.

“Misalnya dengan diadakan Pekan Kebudayaan Nasional ataupun kegiatan-kegiatan lain bertemakan batik,” ujarnya.

Ragam permainan tradisional, alat musik angklung, serta tarian tradisional jaranan ditampilkan di acara pawai.

Ikon Garuda Pancasila Bhinneka Tunggal Ika serta hasil karya batik peserta didik yang terlukiskan pada kaos serta kain sepanjang 30 meter pun ikut dipertunjukan.

Tak lupa, acara ini didukung oleh para orang tua peserta didik yang ikut mendampingi para putra-putrinya mengkampanyekan kebudayaan Indonesia di sepanjang jalan car free day.

Untuk diketahui, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity). Karena itu penting bagi Bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober.