Jambore Pemuda Indonesia 2019 Berlangsung Meriah

Eka
Jambore Pemuda Indonesia 2019 Berlangsung Meriah
Pembukaan JPI 2019 (ist)

Minahasa, HanTer - Pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019 di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara digelar meriah, sejak pembukaan sampai hari kedua pelaksanaan.

Setelah kegiatan yang dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Stadion Maesa Tondano, Jumat (1/11/2019), mendapat perhatian dari warga net, bahkan menjadi trending topik di Twitter. Pada hari kedua giliran warga Tondano yang antusias menyaksikan penampilan pemuda-pemuda dari 34 provinsi.

Pada hari kedua pelaksanaan, Sabtu (2/11/2019) kemarin, peserta mengikuti kegiatan lomba Poco-Poco. Para peserta yang berpartisipasi terpantau sangat antusias mengikuti senam tersebut, dengan menampilkan kreasi gerakan, dengan mengenakan kostum hasil kreasi mereka.

"Agenda ini kami isi dalam kegiatan JPI agar Poco-Poco lebih dikenal para pemuda di Indonesia," kata Komisioner Badan
Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan Lily Greta Karmel di Minahasa.

Ia mengungkapkan, Poco-Poco merupakan senam karya anak bangsa dari budaya asli yang saat ini telah mendunia, dan telah masuk dalam guinness world record.

"Jadi tujuannya dari kegiatan ini agar para pemuda Indonesia bangga dengan senam yang lahir budaya bangsa," kata Lily.

Founder senam Poco-Poco ini berharap dengan keterlibatan para pemuda, senam tersebut akan lebih dikenal luas, bukan hanya masyarakat Indonesia tapi juga dunia.

Setelah lomba senam poco-poco, peserta melakukan kegiatan bersin eceng gondok di Danau Tondano. Namun kegiatan ini bisa berlangsung lama karena cuaca hujan.

Pada Sabtu malam, peserta JPI menunjukkan kebolehanannya dengan menampilkan tarian tradisional daerah masing-masing. Pada malam tadi, baru 12 tim provinsi yang tampil dan akan dilanjutkan provinsi lain pada malam berikutnya.

JPI 2019 di Tondano, diikuti 442 pemuda dari 34 Provinsi. Mereka melakukan berbagai kegiatan hingga 5 November mendatang.