Serunya, 6 Dosen UBSI Beri Pelatihan Public Speaking di Panti Asuhan Hidayah

Abu Ghaida
Serunya, 6 Dosen UBSI Beri Pelatihan Public Speaking di Panti Asuhan Hidayah
Dosen UBSI usai Pelatihan Public Speaking di Panti Asuhan Hidayah, Ahad (27/10/2019)/ist

Bekasi, HanTer – Belajar mengenai ilmu public speaking dari usia dini sepertinya bisa menjadi bekal di kemudian hari. Maklum, selama ini ilmu tersebut tak pernah diperoleh ketika di TK, SD, SMP dan SMA. 

Mulai dari menghadapi rasa malu, canggung berbicara di depan umum hingga ketakutan yang tidak jelas.  Namun, semua itu mencair ketika enam dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa memberikan pelatihan kepada para santri Panti Asuhan Hidayah di Gg. Randu I No.40, Jatiraden, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (27/10/2019).

Bertema ‘Pelatihan Teknik Retorika Dalam Menunjang Kepemimpinan Pemuda Berorganisasi’, dosen handal Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos. M.I.Kom menjelaskan secara detail sehingga membuat para santri bersemangat.

Terbukti, keseruan terlihat dari para santri yang antusias bertanya dan berani melakukan simulasi tampil di hadapan dosen-dosen UBSI. “Luar biasa, saya salut dengan anak-anak santri ini. Semoga dari panti ini muncul santri-santri yang berpotensi di bidang public speaking,” kata Robbikal.

Hal senada diungkapkan Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat (PM), Azhar Hutomo, S.Sos M.Si yang merasa bangga dapat kesempatan bisa berbagi ilmu komunikasi dengan para santri dan santriwati.

“Bagi kami, selain bisa memberikan sumbangsih berupa pelatihan ini sekaligus ini sabagai pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma sebagai dosen. Ini juga menjadi ladang amal bisa memberikan ilmu yang bermanfaat,” katanya.

Menurut Azhar Hutomo, pengabdian masyarakat menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan dosen dalam memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

Sedangkan, Ketua Panti Asuhan Hidayah, Herrizal Febrian ST, menyambut baik pelakanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen UBSI kepada para santrinya. 

“Kami berharap kegiatan ini bukan yang terakhir, tapi bisa berkesinambungan sehingga para santri di panti asuhan ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat sebagai bekal mereka di kemudian hari. Ilmu agama Islam bisa didapatkan di sini, namun ilmu yang lain tentu dari dosen UBSI,” katanya.

Keseluruhan dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat tersebut adalah Romi Syahril S.Sos. MM, Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos. M.I.Kom, Azhar Hutomo, S.Sos MSi, Marlina Rahmi Shinta P. SE. MM, Drs Priatna M.Si. MM, Drs M. Ismail Alif, MM dan seorang mahasiswa UBSi Adnan Aditiyana. 

#6   #Dosen   #UBSI   #Panti   #Hidayah