Rektor Targetkan Unimed Raih Akreditasi Internasional

Alee
Rektor Targetkan Unimed Raih Akreditasi Internasional
ilustrasi. (Ist)

Medan, HanTer - Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes bertekad perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu mampu meraih akreditasi Internasional.

"Saya berusaha Universitas Negeri Medan (Unimed) bisa memperoleh akreditasi Internasional yang bergengsi di kalangan perguruan tinggi, dan menjadi dambaan," kata Syamsul, usai melantik Wakil Rektor, Dekan FBS, Dekan FE, Dekan FIS, Dekan FIK, dan Ketua LPPMP Unimed periode 2019-2023, di Medan, Selasa (1/11/2019).

Menurut dia, untuk bisa meraih akreditasi Internasional harus melalui beberapa persyaratan, yakni Unimed harus meraih akreditasi Prodi A.

Saat ini, Unimed telah memiliki akreditasi Prodi A sebanyak 31, Prodi Akreditasi B sebanyak 30, dan akreditasi Prodi C sebanyak 1 (sedang usulan perbaikan akreditasi). Kemudian Prodi Baru 12 prodi sedang proses usulan.

"Semoga tidak terlalu lama lagi, Unimed bisa meraih akreditasi Internasional, sehingga mampu bersaing dengan Universitas terkenal di dunia," ujar Syamsul, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, untuk meraih sertifikasi Internasional, para Wakil Rektor, para Dekan dan Ketua LPPMP harus bekerja keras, dan memberikan terobosan agar Unimed bisa lebih maju, serta berkembang. "Jadi, Unimed juga meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa. Selain itu menjadikan Unimed World Class University," katanya.

Akreditasi A

Syamsul mengatakan akreditasi institusi Unimed harus tetap "A", begitu juga akreditasi Program Studi di lingkungan fakultas harus 90 persen diupayakan A, dan jika memungkinkan semuanya bisa A. "Karena akreditasi institusi dan prodi yang menjadi acuan masyarakat bahwa lembaga kita unggul dan terbaik," kata Syamsul,

Ia berharap dapat menyahut dengan arif pesan Menristekdikti saat dia dilantik sebagai Rektor Unimed. Salah satu pesan beliau mengenai peningkatan akreditasi institusi dan seluruh program studi, serta meningkatkan tata kelola layanan akademi yang baik.

"Saya mengajak para Wakil Rektor, Dekan, dan Kepala LPPMP yang hari ini dilantik agar merancang dengan baik apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan harapan pemerintah tersebut," ujar Syamsul.

Wakil Rektor dan Unimed yang dilantik yakni Dr Restu MS (Wakil Rektor I), Dr Martina Restuati MSi (Wakil Rektor II), Prof Dr Sahat Siagian MPd (Wakil Rektor III), dan Prof Drs Manihar Situmorang Ph.D (Wakil Rektor IV).

Kemudian Dekan Unimed yang dilantik yaitu Dr Abdurrahman Adisaputra M.Hum (Dekan FBS), Prof Dr Indra Maipita MSi, Ph.D (Dekan FE), Dr Budi Valianto MPd (Dekan FIK), Dra. Nurmala Berutu MPd (Dekan FIS) dan Dr Isda Pramuniati M.Hum (Ketua LPPMP).

Acara tersebut dihadiri semua pimpinan, angggota senat dan fungsionaris di lingkungan Unimed, Direktur PPs, Kepala Biro, Wakil Direktur PPs, Kepala Lembaga/Unit, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Ketua Prodi.